Show simple item record

dc.contributor.authorWIJAYANTI, LANI
dc.date.accessioned2018-08-27T03:22:44Z
dc.date.available2018-08-27T03:22:44Z
dc.date.issued2018-04-30
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/20840
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui bagaimana context dari program bimbingan baca Al-Qur’an, 2) mengetahui bagaimana input program bimbingan baca Al-Qur’an, 3) mengetahui bagaimana process bimbingan baca Al-Qur’an, 4) mengetahui bagaimana product bimbingan baca Al-Qur’an di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan menggunakan model evaluasi CIPP. Subyek dalam penelitian ini ialah Kepala program dan Koordinator program bimbingan baca Al-Qu’an. Alasan penentuan subyek tersebut ialah untuk mendapatkan informasi terkait context, input, process, serta product dari program yang diteliti. Kemudian penentuan subyek yang akan diteliti selanjutnya ialah para pengajar program bimbingan baca Al-Qur’an. Pengajar yang dijadikan sebagai subyek dalam penelitian ini berjumlah 12 orang. Alasan penentuan subyek ini dimaksudkan untuk memperoleh informasi terkait proses bimbingan baca Al-Qur’an secara riil di lapangan.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap yaitu: reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi Hasil penelitian Ini menunjukkan bahwa: (1) Komponen context yang telah dilakukan LPPI dalam program bimbingan baca Al-Qur’an ialah melakukan persiapan yang meliputi perencanaan dan pendanaan. (2) Komponen input yang telah LPPI lakukan dalam menentukan kemampuan awal mahasiswa adalah dengan melakukan proses placement test. Hal tersebut dilakukan agar penempatan kelas mahasiswa sesuai dengan kemampuannya. (3) komponen process pada program bimbingan baca Al-Qur’an yang telah LPPI lakukan ialah menetapkan jadwal program bimbingan, menentukan metode yang digunakan, serta mengevaluasi pelaksanaan program. (4) product atau kelulusan secara keseluruhan yang diperoleh dari tahun 2014 hingga tahun 2016 belum menunjukkan peningkatan yang signifikan, hanya meningkat 5 – 6%. Namun demikian, dengan adanya perbaikan setiap tahunnya diharapkan akan meningkatkan presentase lulusan yang dihasilkan, tidak hanya secara kuantitas saja, namun secara kualitas juga meningkat.en_US
dc.publisherFAI UMYen_US
dc.subjectevaluasi program, bimbingan baca Al-Qur’anen_US
dc.titleEVALUASI PROGRAM BIMBINGAN BACA AL-QUR’AN (BBA) DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.typeThesis SKR FAI 403en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record