dc.contributor.advisor | PURBOHADI, DWIJOKO | |
dc.contributor.advisor | KURNIANTI, APRILIA | |
dc.contributor.author | PRATAMA, PRIO NUGRAHA | |
dc.date.accessioned | 2018-08-28T03:38:44Z | |
dc.date.available | 2018-08-28T03:38:44Z | |
dc.date.issued | 2018-04-17 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/20879 | |
dc.description | Latar Belakang: Assessment adalah penilaian terhadap kemampuan belajar peserta
didik. Dalam teknologi e-learning assessment diberikan terhadap peserta didik
dalam bentuk soal. Perangkat yang digunakan untuk mengakses assessment masih
memiliki beberapa kendala dalam hal penggunaanya misal notebook atau laptop,
penggunaan kedua perangkat tersebut masih sedikit kurang pratktis apabila harus
digunakan di dalam kendaraan atau di tempat umum.
Tujuan Penelitian: Membangun sebuah aplikasi native mobile Android dengan
tampilan yang tertata rapi dan mampu menutupi permasalahan pengerjaan
assessment pada e-learning yang tidak mampu secara fleksibel dapat dilaksanakan
di ruang terbuka yang tidak memungkinkan penggunaan laptop atau notebook.
Metode Penelititan: Metode pengembangan yang dilakukan merupakan SDLC
(Software Development Life Cycle) dengan model waterfall. Sedangkan metode
yang dilakukan untuk pengumpulan data yaitu interview dan observasi.
Hasil: Hasil dari penelitian ini merupakan sistem assessment yang diterapkan pada
aplikasi mobile dan desktop.
Kesimpulan: Aplikasi assessment berbasis Android telah berhasil dibangun dapat
digunakan untuk membantu siswa melakukan kegiatan penilaian di mana saja dan
kapan saja. | en_US |
dc.description.abstract | Latar Belakang: Assessment adalah penilaian terhadap kemampuan belajar peserta
didik. Dalam teknologi e-learning assessment diberikan terhadap peserta didik
dalam bentuk soal. Perangkat yang digunakan untuk mengakses assessment masih
memiliki beberapa kendala dalam hal penggunaanya misal notebook atau laptop,
penggunaan kedua perangkat tersebut masih sedikit kurang pratktis apabila harus
digunakan di dalam kendaraan atau di tempat umum.
Tujuan Penelitian: Membangun sebuah aplikasi native mobile Android dengan
tampilan yang tertata rapi dan mampu menutupi permasalahan pengerjaan
assessment pada e-learning yang tidak mampu secara fleksibel dapat dilaksanakan
di ruang terbuka yang tidak memungkinkan penggunaan laptop atau notebook.
Metode Penelititan: Metode pengembangan yang dilakukan merupakan SDLC
(Software Development Life Cycle) dengan model waterfall. Sedangkan metode
yang dilakukan untuk pengumpulan data yaitu interview dan observasi.
Hasil: Hasil dari penelitian ini merupakan sistem assessment yang diterapkan pada
aplikasi mobile dan desktop.
Kesimpulan: Aplikasi assessment berbasis Android telah berhasil dibangun dapat
digunakan untuk membantu siswa melakukan kegiatan penilaian di mana saja dan
kapan saja. | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | Assessment, Android, Aplikasi Assessment Android. | en_US |
dc.title | PENGEMBANGAN APLIKASI ASSESMENT ONLINE BERBASIS SMARTPHONE ANDROID | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
F T
095 | en_US |