Show simple item record

dc.contributor.advisorPRIBADI, ULUNG
dc.contributor.authorMARYANA, DINA
dc.date.accessioned2018-08-30T03:10:36Z
dc.date.available2018-08-30T03:10:36Z
dc.date.issued2018-03-02
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/20963
dc.descriptionPenerapan PMK no 75 tahun 2014 tentang pusat kesehata masyarakat pada tahun 2017 menjadi permasalahan. Pusat kesehatan masyarakat sangat di pengaruhi oleh pelayanan public dalam bidang kesehatan,permasalah yang paling sering di hadapi yaitu masalah pelayanan, yang di nilai kurang baik terhadap pasien (masyarakat), hal tersebut disebabkan oleh minimnya sumber daya/staf sehingga menyebabkan buruknya kualitas pelayanan yang di berikan pihak puskesmas seperti di Puskesmas Turi, Puskesmas Gamping I, Puskesmas Moyudan Di Kabupaten Sleman. Penelitian ini diharapkan mampu menggambarkan tentang implementasi kebijakan pemerintah kabupaten sleman dalam meningkatkan pelayanan public di bidang kesehatan yang berada di tiga puskesmas yaitu Puskesmas Turi, Puskesmas Gamping I, Puskesmas Moyudan. Dalam penelitian ini penelis menggunakan jenis penelitian campuran (mixed methodology). Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah primer dan sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, dokumentasi dan kuesioner. Dari hasil penelitian ini didapatkan hasil bahwa dalam implementasi kebijakan pemerintah kabupaten sleman dalam meningkatkan pelayanan public di bidang kesehatan studi kasus Puskesmas Turi, Puskesmas Gamping I, Puskesmas Moyudan. implementasi kebijakan meliputi Komunikasi tidak berpengaruh pada pelayanan kesehatan. Sedangkan Sumber daya dapat disimpulkan sumber daya memiliki pengaruh terhadap pelayanan kesehatan. Sedangkan pada Disposisi dalam penelitian ini tidak memiliki pengaruh pada pelayanan kesehatan. Sedangkan pada Struktur birokrasi dalam penelitian ini struktur birokrasi memiliki pengaruh pada pelayanan kesehatan. hal tersebut mempengaruhi kualitas pelayanan public meliputi Realibility (Kehandalan), responsiveness (ketanggapan), assurance (jaminan), tangibles (bukti langsung) dari hal tersebut memiliki pengaruh terhadap kualitas pelayanan publik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kurangnya sumber daya yang menyebabkan minimnya petugas/staf sehingga tidak sesuai dengan yang diharapkan seperti dipuskesmas moyudan,puskesmas turi dan puskesmas gamping I sehingga menyebabkan lamanya waktu pelayanan di puskesmas tersebut yang membuat pasien harus menunggu lama.en_US
dc.description.abstractPenerapan PMK no 75 tahun 2014 tentang pusat kesehata masyarakat pada tahun 2017 menjadi permasalahan. Pusat kesehatan masyarakat sangat di pengaruhi oleh pelayanan public dalam bidang kesehatan,permasalah yang paling sering di hadapi yaitu masalah pelayanan, yang di nilai kurang baik terhadap pasien (masyarakat), hal tersebut disebabkan oleh minimnya sumber daya/staf sehingga menyebabkan buruknya kualitas pelayanan yang di berikan pihak puskesmas seperti di Puskesmas Turi, Puskesmas Gamping I, Puskesmas Moyudan Di Kabupaten Sleman. Penelitian ini diharapkan mampu menggambarkan tentang implementasi kebijakan pemerintah kabupaten sleman dalam meningkatkan pelayanan public di bidang kesehatan yang berada di tiga puskesmas yaitu Puskesmas Turi, Puskesmas Gamping I, Puskesmas Moyudan. Dalam penelitian ini penelis menggunakan jenis penelitian campuran (mixed methodology). Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah primer dan sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, dokumentasi dan kuesioner. Dari hasil penelitian ini didapatkan hasil bahwa dalam implementasi kebijakan pemerintah kabupaten sleman dalam meningkatkan pelayanan public di bidang kesehatan studi kasus Puskesmas Turi, Puskesmas Gamping I, Puskesmas Moyudan. implementasi kebijakan meliputi Komunikasi tidak berpengaruh pada pelayanan kesehatan. Sedangkan Sumber daya dapat disimpulkan sumber daya memiliki pengaruh terhadap pelayanan kesehatan. Sedangkan pada Disposisi dalam penelitian ini tidak memiliki pengaruh pada pelayanan kesehatan. Sedangkan pada Struktur birokrasi dalam penelitian ini struktur birokrasi memiliki pengaruh pada pelayanan kesehatan. hal tersebut mempengaruhi kualitas pelayanan public meliputi Realibility (Kehandalan), responsiveness (ketanggapan), assurance (jaminan), tangibles (bukti langsung) dari hal tersebut memiliki pengaruh terhadap kualitas pelayanan publik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kurangnya sumber daya yang menyebabkan minimnya petugas/staf sehingga tidak sesuai dengan yang diharapkan seperti dipuskesmas moyudan,puskesmas turi dan puskesmas gamping I sehingga menyebabkan lamanya waktu pelayanan di puskesmas tersebut yang membuat pasien harus menunggu lama.en_US
dc.publisherFAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectimplementasi, pelayanan public, puskesmas moyudan,puskesmas turi, puskesmas gamping I.en_US
dc.titleIMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMERINTAH KABUPATEN SLEMAN DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK DI BIDANG KESEHATAN (STUDI KASUS: PUSKESMAS GAMPING I, PUSKESMAS MOYUDAN DAN PUSKESMAS TURI KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN 2017)en_US
dc.typeThesis SKR FISIP 272en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record