MANAJEMEN REDAKSIONAL SURAT KABAR TRIBUN JOGJA DALAM PEMUATAN FOTO TRAUMATIK (STUDI KASUS MANAJEMEN REDAKSIONAL SURAT KABAR TRIBUN JOGJA DALAM PEMUATAN FOTO TRAUMATIK PERIODE OKTOBER – DESEMBER 2017)
Abstract
Tribun Jogja sebagai satu dari sekian banyak anak perusahaan Kelompok
Kompas Gramedia (KKG), terkesan berhati-hati dalam pengambilan angle yang
dikombinasikan dengan ilustrasi pada pemuatannya. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui manajemen redaksional Surat Kabar Tribun Jogja dalam kaitannya
pemuatan foto traumatik. Dengan kerangka teori mencakup manajemen
redaksional, surat kabar koran dan foto jurnalisitik dengan sub-judul foto
traumatik.
Metode penelitian berupa studi kasus dengan jenis penelitian kualitatif. Data
yang dianalisis berupa foto traumatik yang dimuat selama edisi Oktober-
Desember 2017. Lokasi dari penelitian ialah Tribun Jogja. Informan diambil
sesuai kriteria narasumber yaitu fotografer Tribun Jogja. Kemudian metode
pengumpulan data menggunakan wawancara, studi kepustakaan, dokumentasi dan
observasi. Uji validitas data menggunakan triangulasi teknik.
Hasilnya, dari penelitian yang dilakukan terkait proses produksi sebuah foto
traumatik di Tribun Jogja sendiri ialah, Pra-Produksi: adanya rapat redaksi dan
pelatihan skill calon pewarta foto. Produksi: pemilihan foto sendiri dilakukan
pertama kali oleh pewarta foto yang kemudian dirapatkan dalam sebuah rapat
budgeting yang dihadiri Pimred, Redaktur Pelaksana, Koordinator Liputan, Editor
dan Fotografer. Pasca-produksi: meminimalisir pro-kontra dengan mengutamakan
fakta dan keakuratan data. Salah satu foto pada edisi Rabu 5 Desember 2017,
diindikasikan melanggar Pasal 6 Bab II tentang Cara Pemberitaan Kode Etik
Jurnalistik Indonesia. Spesifikasi fokus penelitian terkait foto traumatik sangat
disarankan mengingat luasnya cakupan peristiwa traumatis itu sendiri.