PENGARUH CITRA PERUSAHAAN TERHADAP LOYALITAS DAN SWITCHING INTENTION DAN KEPERCAYAAN SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI PADA NASABAH BANK MUAMALAT INDONESIA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh citra perusahaan terhadap loyalitas dan switching intention dengan kepercayaan sebagai variabel pemoderasinya. Obyek penelitian ini adalah seluruh nasabah Bank Muamalat di Indonesia. Metode dalam penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan data primer. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan accidental sampling. Responden dalam penelitian ini sebanyak 296 yang didapatkan dari beberapa lembaga yang pegawainya merupakan nasabah Bank Muamalat serta kuesioner online yang dibagikan melalui sosial media. Alat analisis yang digunakan adalah SPSS dengan software IBM SPSS Statistic 24. Hasil penelitian membuktikan bahwa pengaruh citra perusahaan terhadap loyalitas positif dan signifikan, dengan kata lain semakin baik citra bank maka tingkat loyalitas nasabah semakin meningkat. Sedangkan pengaruh citra perusahaan terhadap switching intention negatif dan signifikan, dengan kata lain citra bank yang baik akan menjadikan tingkat switching intention nasabah menurun. Adapun kepercayaan sebagai variabel pemoderasi mampu memperkuat pengaruh positif citra perusahaan terhadap loyalitas dan memperlemah pengaruh negatif citra perusahaan terhadap switching intention.