Show simple item record

dc.contributor.advisor
dc.contributor.authorBASUKI, TRI HANDAYANI
dc.date.accessioned2018-09-06T06:42:19Z
dc.date.available2018-09-06T06:42:19Z
dc.date.issued2018-03-23
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/21086
dc.descriptionLatar Belakang: Fakultas kedokteran merupakan fakultas pilihan yang selalu menjadi favorit calon mahasiswa. Seleksi masuk fakultas kedokteran membutuhkan suatu metode seleksi yang tepat agar dapat memprediksi prestasi akademik yang akan dihasilkan. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta membagi seleksi jalur masuk menjadi jalur prestasi, CBT, PBT Kemitraan dan PBT Reguler. Penelitian ini diperlukan untuk melihat adanya hubungan antara nilai ujian paper based test jalur reguler dengan prestasi akademik mahasiswa. Tujuan: Untuk mengetahui hubungan antara hubungan antara nilai ujian paper based test jalur reguler dengan prestasi akademik mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Metode: Penelitian ini bersifat descriptive correlational dengan rancangan penelitian menggunakan pendekatan cross sectional yang dilakukan pada 163 sampel. Sampel didapatkan dari mahasiswa Pendidikan Dokter FKIK UMY angkatan 2009, 2010, 2011 dan 2012 yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Data didapatkan dari Bagian Server dan Pengajaran PSSK FKIK UMY yang kemudian menggunakan uji normalitas berupa Kolmogorov-Smirnov dan uji korelasi Pearson. Hasil : Penelitian ini mendapatkan 269 responden mahasiswa Program Studi Sarjana Kedokteran Universitas Muhammadiyah Yogyakarta angkatan 2009 – 2012 yang kemudian setelah disesuaikan dengan kriteria inklusi dan eksklusi menjadi 161 sampel. Analisis statistik dengan uji spearman correlation test didapatkan korelasi TPA dan IPK sebesar 0,019 (hubungan lemah, tidak signifikan), TPA dan MCQ Murni sebesar 0,022 (hubungan lemah, tidak signifikan), dan TPA dan MCQ Akhir sebesar 0,045 (hubungan lemah, tidak signifikan). Kesimpulan : Terdapat hubungan antara TPA dengan prestasi akademik pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.en_US
dc.description.abstractBackground : Faculty of medicine is a faculty of choice that has always been a favorite of prospective students. Selection of admission to the faculty of medicine requires an appropriate selection method in order to predict the academic achievement result. Muhammadiyah University of Yogyakarta divides the selection of entry point into achievement Computer Based Test, Paper Based Test Partnership and Reguler Paper Based Test. This research is needed to see the correlation between the test score of regular paper-based test and of student's academic achievement. Aim: to determine the correlation of regular paper-based test exam result with the academic achievement of the Medical Education Program Of Medical Faculty And Health Sciences University Muhammadiyah Yogyakarta Metodhs : This research is descriptive correlational with cross sectional approach done on 163 samples. The sample was obtained from Medical Education student of Muhammadiyah Yogyakarta University class of 2009, 2010, 2011 and 2012 that meet the inclusion and exclusion criteria. Data obtained from the Server and Teaching Section in Medical Education of Muhammadiyah Yogyakarta University and using Kolmogorov-Smirnov normality test and Pearson correlation test. Results : In this study, there were 269 medical students of Universitas Muhammadiyah Yogyakarta batch 2009 – 2012 as respondents that after adjusted with inclusion and exclusion criteria round up to 161 sample. Statistical analytic with spearman correlation test found that the correlation between TPA and IPK as 0,019 (weak, insignificant), TPA and First MCQ as 0,022 (weak, insignificant), and TPA and Final MCQ as 0,045 (weak, insignificant). Conclusions : There was a correlation between TPA, First MCQ, and Final MCQ in Medical Students of Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.en_US
dc.publisherFKIK UMYen_US
dc.subjectTPA, First MCQ, Final MCQ, academic achievement, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. TPA, MCQ Murni, MCQ Akhir, prestasi akademik, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.en_US
dc.titleHUBUNGAN ANTARA NILAI UJIAN PAPER BASED TEST JALUR REGULER DENGAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA PROGRAM STUDI SARJANA KEDOKTERAN FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.typeThesis SKR FKIK 325en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record