STRATEGI HUMAS PT. KERETA API INDONESIA (PERSERO) DAERAH OPERASI VI DALAM MENSOSIALISASIKAN KERETA API WIJAYAKUSUMA
Abstract
Penelitian ini menganalisis strategi Humas Daerah Operasi VI PT. Kereta Api Indonesia (Persero) dalam mensosialisasikan KA Wijayakusuma. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tahapan strategi sosialisasi yang digunakan oleh Humas Daerah Operasi VI PT. Kereta Api Indonesia (Persero). Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, karena penelitian ini menggambarkan dan menginterpretasikan segala sesuatu yang berkaitan dengan masalah pada objek penelitian. Adapun objek pada penelitian ini adalah Humas PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi VI ini. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan metode wawancara mendalam dengan Manajer Humas (1 orang) dan Asisten Humas (1 orang) dari PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi VI, serta penumpang (2 orang) KA Wijayakusuma. Selain itu penelitian ini juga mengumpulkan studi dokumen, seperti kliping, foto kegiatan, dan data lainnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi sosialisasi KA Wijayakusuma menggunakan momentum hari ulang tahun PT. Kereta Api Indonesia (Persero) yang ke 72, talkshow di radio (Star Jogja FM, RRI Pro Jogja, RRI Pro Solo), launching, release berita, media sosial ( Facebook, Twitter, Instagram), website, majalah internal (Kontak), poster, flyer, advetorial dan mengajak komunitas Railfans. Kekurangan pada strategi sosialisasi ada pada tahap evaluasi. Tidak ada evaluasi khusus pada sosialisasi, sehingga tahapan strategi humas pada penyusunan program sosialisasi tidak sempurna dilakukan. Melalui proses evaluasi seharusnya humas dapat mengetahui efektivitas sosialisasi yang dilaksanakan.