Show simple item record

dc.contributor.authorISYAKI, AULIA FAUZAN
dc.date.accessioned2018-09-07T02:05:09Z
dc.date.available2018-09-07T02:05:09Z
dc.date.issued2018-08-21
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/21099
dc.descriptionTransportasi tradisional adalah perpindahan manusia atau barang dari satu tempat ketempat lain dengan menggunakan sebuah kendaraan yang digerakan oleh tenaga manusia atau hewan. Becak adalah salah satu alat transportasi tradisional. Jenis penggerak menggunakan tenaga manusia dengan cara di kayuh. Tujuan perancangan ini untuk menghasilkan desain kemudi becak yang ringan dan stabil, menghasilkan desain becak dengan gaya kayuh yang ringan, dan menghasilkan desain body becak yang ringan dan kokoh. Proses perancangan dilakukan pengukuran pada unit becak yang ada. Perancangan rangka becak yang disesuaikan untuk pemasangan kaki-kaki, dan sistem kemudi. Untuk perancangan kaki-kaki diperoleh dari observasi gokart dan perancangan sistem kemudi menggunakan hasil observasi pada mobil Suzuki Baleno. Dilanjutkan proses perancangan sprocket pada sistem penggeraknya dan perancangan body becak. Hasil perancangan ini, untuk menghasilakan sistem kemudi becak yang ringan dan stabil digunakan sistem kemudi Rack and Pinion. Pada gaya kayuh becak agar menjadi ringan digunakan sprocket bertingkat pada sistem penggeraknya. Agar dihasilkan body becak yang ringan dan kokoh, maka akan menggunakan bahan fiberglass untuk body becak.en_US
dc.description.abstractTraditional transportation can be defined as moving people or goods from one place to another using a vehicle driven by human or animal. Pedicabs are one of the traditional means of transportation. The type of mover uses human power in a padded way. The purpose of this design is to produce a light wight and stable steering wheel, smaller megnitude of paddle force, and lightweight body of rickshaws. The design process started with measuring the existing rickshaw. Suspension system is adjusted for the comfort of pessangers, the steering system was modified for improding stability. The suspension system was adapted from gokart and steering system was using Suzuki Baleno’s car. A multiple sprocket system was selected for the drive system. The design results in a lightweight and stable steering system of Rack and Pinion. The drive system was a multiple sprocket. The body was mode of glass fibre composite system in order to obtained lightweight rickshaw structure.en_US
dc.publisherFT UMYen_US
dc.subjectdesign, pedicab, Rack and Pinion, Sprocket, traditional transportation. becak, perancangan, Rack and Pinion, Sprocket, transportasi tradisionalen_US
dc.titlePERANCANGAN MODIFIKASI BECAK UNTUK MENINGKATKAN STABILITAS DAN MERINGANKAN GAYA KAYUHen_US
dc.typeThesis SKR F T 422en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record