STRATEGI KAMPANYE LEMBAGA NON PROFIT MERAWATJOGJA MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM PERIODE 2017-2018
Abstract
Penelitian ini berangkat dari upaya Lembaga Non Profit Merawatjogja dalam meningkatkan kepedulian masyarakat Yogyakarta terhadap permasalahan lingkungan dan sosial budaya yang ada di Yogyakarta melalui media sosial instagram periode 2017-2018. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui strategi kampanye Merawatjogja dalam meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap Daerah Istimewa Yogyakarta melalui media sosial instagram periode 2017-2018.
Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode pendekatan studi kasus dan jenis penelitian ini deskriptif kualtatif. Penelitian ini berlokasi di Yogyakarta. Sumber data penelitian ini berasal dari hasil wawancara dari informan, dokumen dan foto dokumentasi. Uji validitas data menggunakan trianggulasi sumber teknik triangulasi sumber yaitu dengan cara membandingkan hasil wawancara dengan isi suatu dokumen yang berkaitan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat lima kampanye yang dilakukan Merawatjogja yaitu: 1) Anda Membangun Kami Menanam, 2) Wani Ngebus, 3) Sampah Serapah, 4) Ada di Jogja dan 5) Serat Kagem Jogja. Dari kelima kampanye dilakukan dengan strategi kampanye tersebut hanya kampanye Serat Kagem Jogja yang paling optimal dilihat dari jumlah peserta target kampanye sebanding dengan respon di instagram.