Strategi Community Relations dalam Menjaga dan Meningkatkan Jumlah Kontributor Untuk Menulis di Hipwee Tahun 2015-2018
Abstract
Penelitian ini dilakukan guna mengetahui serta menganalisis strategi program community relations yang dijalankan oleh Hipwee dalam menjaga dan meningkatkan jumlah kontributornya untuk menulis pada periode November 2015 hingga Mei 2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang kegiatan community relations yang dijalankan oleh Hipwee untuk para komunitasnya.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus untuk mengumpulkan data berupa kata-kata. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam dengan narasumber yang sesuai dengan kebutuhan data peneliti serta juga melalui observasi, pengamatan, dokumentasi dan studi pustaka untuk melengkapi dan menguji keabsahan data yang telah didapat. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik trianggulasi yang membandingkan antara keterkaitan data yang diperoleh dari berbagai sumber data.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi community relations yang dijalankan oleh Hipwee melalui proses PR yang meliputi tahap pengumpulan fakta, perumusan masalah, perencanaan dan pemrograman, aksi dan komunikasi dan tahap evaluasi. Proses PR tersebut berpedoman kepada proses perencanaan strategis program community relations yang dibuat oleh tim community Hipwee. Dengan perencanaan strategis tersebut, Hipwee mampu menjaga keharmonisan dan meningkatkan jumlah kontributornya untuk menulis. Hal ini terbukti dengan data yang peneliti peroleh dimana terdapat peningkatan kontributor serta tanggapan positif yang diungkapkan oleh para kontributor.