MODEL MEDIA LITERASI INTERNET UNTUK REMAJA OLEH DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA DIY
Abstract
Seiring berkembangnya zaman, media baru berupa internet dapat memberikan
kemudahan dalam memperoleh informasi dimana masyarakat banyak menggunakan
internet dalam memenuhi kebutuhan serta aktivitas mereka sehari-hari. Internet dan
media sosial merupakan media massa yang banyak diminati oleh masyarakat pada saat
ini. Berbagai kalangan masyarakat di Indonesia telah menggunakan internet, baik itu
dari kalangan dewasa tua, dewasa muda, remaja, bahkan anak-anak. Namun sebagian
besar kalangan masyarakat yang menggunakan teknologi informasi berupa internet
berasal dari kalangan remaja.
Berdasarkan hal tersebut, maka permasalahan yang akan diangkat adalah
bagaimana model media literasi internet untuk remaja oleh Dinas Komunikasi dan
Informatika DIY. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan dan
menganalisis tahapan literasi media oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kota
Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif-deskriptif
dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai sumber daya.
Hasil dari penelitian ini adalah berbagai tahapan yang dilakukan dalam
pelaksanaan literasi media oleh Diskominfo DIY yakni antara lain adalah:
mengidentifikasi isu, menentukan target sasaran dari program literasi, penyampaian
substansi, serta diskusi dan tanya jawab. Sedangkan metode yang digunakan
Diskominfo DIY yakni melalui buku-buku, pemutaran video, diskusi dan tanya jawab,
serta menyajikan infografis.