KINERJA KECAMATAN LOSARI KABUPATEN CIREBON DALAM PELAYANAN E-KTP TAHUN 2016
Abstract
Kinerja organisasi sesungguhnya sangat penting untuk melihat hasil dari
kinerja instansi yang telah tercapai. Sejalan dengan sistem pemerintahan saat ini,
Pegawai Pemerintah dituntut untuk memberikan kinerja yang masksimal guna
mendapatkan hasil yang optimal. Pegawai Pemerintah berperan penting dalam
pelayanan terhadap masyarakat, demikian juga halnya dengan Pemerintah
Kecamatan Losari. Maksimal atau tidaknya pelayanan yang diberikan, pada
akhirnya akan mengacu pada sasaran utama tadi. Sangat baik untuk instansi dalam
melakukan evaluasi kinerja.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif
kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,wawancara
dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan Kepala Seksi Pendapatan dan
Pelayanan Umum Kecamatan Losari. Hasil penelitian dilakukan melalui 3
indikator yaitu Tangible (Berwujud), Responsivness (Ketanggapan), dan
Assurance (Jaminan).
Secara keseluruhan dari semua indikator tersebut kinerja Kecamatan
Losari dalam pelayanan pembuatan E-KTP sudah cukup baik meskipun pada
indikator sarana dan prasarana masih ada hambatan dikarenakan masih dalam
proses perbaikan dan hambatan. Tetapi berdasarkan indikator-indikator tersebut
yang mempunyai pengaruh paling besar adalah sarana dan prasarana pelayanan
pembuatan E-KTP, dari aspek tersebut dapat diketahui hasil dari kinerja
pelayanan itu sendiri. Kendala-kendala yang mempengaruhi kinerja pelayanan
pembuatan E-KTP diantaranya kurangnya personil atau pegawai, sarana dan
prasarana.
Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa kinerja pada pelayanan
pembuatan E-KTP Kecamatan Losari secara umum dapat dikatakan sudah cukup
baik sesuai dengan SOP yang telah ditetapkan. Namun terdapat kendala-kendala
dari faktor yang mempengaruhi kinerja pelayanan yang perlu dibenahi. Saran dari
penulis agar pelayanan pembuatan E-KTP di Kecamatan Losari ialah penambahan
personil atau pegawai serta perbaikan fasilitas sarana dan prasarana agar bisa
melaksanakan pelayanan secara maksimal.