Show simple item record

dc.contributor.advisorROSYIDI, SRI ATMAJA P
dc.contributor.advisorSETIAWAN, DIAN
dc.contributor.authorPUTRA, NUSA PERDANA KATRESNA
dc.date.accessioned2018-09-14T02:35:14Z
dc.date.available2018-09-14T02:35:14Z
dc.date.issued2018-09-04
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/21248
dc.descriptionKaret bekas dan aspal dapat digunakan pada lapisan balas yang diharapkan mampu memperbaiki permasalahan terkait dengan umur layanan dan pekerjaan pemeliharaan lapisan balas konvensional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik modulus elastisitas, deformasi dan abrasi agregat lapisan balas dengan campuran material karet bekas dan aspal. Metode yang digunakan adalah metode uji tekan sedangkan benda uji yang digunakan terdiri dari empat jenis, diantaranya material balas tanpa campuran, material balas dengan karet bekas bergradasi, material balas dengan aspal, dan material balas dengan aspal dan karet bergradasi. Selanjutnya benda uji dimodelkan dengan box balas berukuran 400 x 300 x 200 mm. Persentase material karet bekas bergradasi dan material aspal yang digunakan masing-masing sebesar 10% dan 3%. Hasil pengujian menunjukkan bahwa penambahan material elastis dapat meningkatkan nilai deformasi dan elastisitas material, Namun, dapat menekan angka kerusakan material. Akan tetapi dengan adanya penambahan material pengikat dapat menjadi pengisi rongga pada campuran sehingga meningkatkan sifat kekakuan dari campuran.en_US
dc.description.abstractScrap tire and asphalt could be used in the ballast layer to increase the life service and reduce the maintenance cost of the conventional ballast layer. The purpose of the research is to identify the characteristic of the ballast layer according to its elastic modulus, deformation, and abrasion. The method used was the compression test with four types of specimen, which were ballast without modification (sample I), ballast with graded scrap rubber (sample II), ballast with asphalt (sample III), and ballast with graded scrap rubber and asphalt (sample IV). The sample was modelled in a ballast box with the dimension of 400 x 300 x 200 mm. The percentage of graded scrap tire and asphalt was 10% and 3%, respectively. The result indicated that the addition of scrap tire could improve the deformation and elasticity material. However, it could reduce the abrasion of materials. Besides, the utilisation of binding material also could become the filler in the mixture and then increase the stiffness of the ballast mixtureen_US
dc.publisherFAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectasphalt, ballast layer, compression test, graded scrap rubberen_US
dc.titlePENGARUH ASPAL DAN KARET BEKAS BERGRADASI TERHADAP NILAI MODULUS ELASTISITAS LAPISAN BALASen_US
dc.typeThesis SKR F T 404en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record