dc.contributor.advisor | ROSYIDI, SRI ATMAJA P | |
dc.contributor.advisor | SETIAWAN, DIAN | |
dc.contributor.author | PUTRA, NUSA PERDANA KATRESNA | |
dc.date.accessioned | 2018-09-14T02:35:14Z | |
dc.date.available | 2018-09-14T02:35:14Z | |
dc.date.issued | 2018-09-04 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/21248 | |
dc.description | Karet bekas dan aspal dapat digunakan pada lapisan balas yang diharapkan
mampu memperbaiki permasalahan terkait dengan umur layanan dan pekerjaan
pemeliharaan lapisan balas konvensional. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui karakteristik modulus elastisitas, deformasi dan abrasi agregat lapisan
balas dengan campuran material karet bekas dan aspal. Metode yang digunakan
adalah metode uji tekan sedangkan benda uji yang digunakan terdiri dari empat
jenis, diantaranya material balas tanpa campuran, material balas dengan karet
bekas bergradasi, material balas dengan aspal, dan material balas dengan aspal
dan karet bergradasi. Selanjutnya benda uji dimodelkan dengan box balas
berukuran 400 x 300 x 200 mm. Persentase material karet bekas bergradasi dan
material aspal yang digunakan masing-masing sebesar 10% dan 3%. Hasil
pengujian menunjukkan bahwa penambahan material elastis dapat meningkatkan
nilai deformasi dan elastisitas material, Namun, dapat menekan angka kerusakan
material. Akan tetapi dengan adanya penambahan material pengikat dapat menjadi
pengisi rongga pada campuran sehingga meningkatkan sifat kekakuan dari
campuran. | en_US |
dc.description.abstract | Scrap tire and asphalt could be used in the ballast layer to increase the life
service and reduce the maintenance cost of the conventional ballast layer. The
purpose of the research is to identify the characteristic of the ballast layer
according to its elastic modulus, deformation, and abrasion. The method used was
the compression test with four types of specimen, which were ballast without
modification (sample I), ballast with graded scrap rubber (sample II), ballast with
asphalt (sample III), and ballast with graded scrap rubber and asphalt (sample IV).
The sample was modelled in a ballast box with the dimension of 400 x 300 x 200
mm. The percentage of graded scrap tire and asphalt was 10% and 3%,
respectively. The result indicated that the addition of scrap tire could improve the
deformation and elasticity material. However, it could reduce the abrasion of
materials. Besides, the utilisation of binding material also could become the filler
in the mixture and then increase the stiffness of the ballast mixture | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | asphalt, ballast layer, compression test, graded scrap rubber | en_US |
dc.title | PENGARUH ASPAL DAN KARET BEKAS BERGRADASI TERHADAP NILAI MODULUS ELASTISITAS LAPISAN BALAS | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
F T
404 | en_US |