Show simple item record

dc.contributor.authorAZHAR, MUHAMMAD
dc.contributor.authorIMAN, MARSUDI
dc.contributor.authorALBANJARI, NURWANTO
dc.contributor.authorISMAIL, GHOFFAR
dc.date.accessioned2016-09-17T06:34:53Z
dc.date.available2016-09-17T06:34:53Z
dc.date.issued2015-02-01
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/2153
dc.description.abstractditujukan untuk menemukan bahan ajar Al-Islam di sekolah atau madrasah Muhammadiyah di Yogyakarta yakni apakah ia sudah atau belum berorientasi perdamaian. Lebih dari itu, riset ini juga dimaksudkan untuk menghasilkan produk berupa bahan ajar AlIslam di Perguruan Muhammadiyah (PM) yang mengandung pesan-pesan perdamaian. Bahan ajar berorientasi berdamaian sejauh ini penting untuk dikembangkan karena tantangan kehidupan masyarakat yang syarat dengan konflik dan kekerasan. Model penyelesaian dengan cara kekerasan ini kerap terjadi mulai dari lingkup politik, ekonomi hingga dalam interaksi keagamaan. Secara spesifik, dalam dunia pendidikan juga terjadi berbagai tindakan anarkis, perkelahian dan intimidasi di antara warga belajar dan warga sekolah. Dalam suatu kasus, penyelesaian konflik dan ketegangan antar-kelompok siswa pun banyak dilakukan dengan cara kekerasan. Ini menandakan bahwa penyelesaian yang berorientasi perdamaian menjadi penting untuk disosialisasikan. Sebagai lembaga pendidikan berlabel ‘Islam’, PM perlu memiliki bahan ajar yang mampu mencegah dari perilaku kekerasan dan mereorientasi jalan fikir dan karakter warga belajar agar selaras dengan visi rahmat dan damai untuk masyarakat.
dc.description.sponsorshipLP3M Universitas Muhammadiyah Yogyakartaen_US
dc.language.isootheren_US
dc.subjectResearch Subject Categories::SOCIAL SCIENCESen_US
dc.titlePENGEMBANGAN BAHAN AJAR AL-ISLAM BERORIENTASI PERDAMAIANen_US
dc.title.alternative(Studi Kasus di Sekolah/Madrasah Muhammadiyah di Yogyakarta)en_US
dc.typeBooken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record