PENGEMBANGAN BAHAN AJAR AL-ISLAM BERORIENTASI PERDAMAIAN
Date
2015-02-01Author
AZHAR, MUHAMMAD
IMAN, MARSUDI
ALBANJARI, NURWANTO
ISMAIL, GHOFFAR
Metadata
Show full item recordAbstract
ditujukan untuk menemukan bahan ajar Al-Islam di sekolah atau madrasah
Muhammadiyah di Yogyakarta yakni apakah ia sudah atau belum berorientasi perdamaian.
Lebih dari itu, riset ini juga dimaksudkan untuk menghasilkan produk berupa bahan ajar AlIslam
di Perguruan Muhammadiyah (PM) yang mengandung pesan-pesan perdamaian. Bahan
ajar berorientasi berdamaian sejauh ini penting untuk dikembangkan karena tantangan
kehidupan masyarakat yang syarat dengan konflik dan kekerasan. Model penyelesaian
dengan cara kekerasan ini kerap terjadi mulai dari lingkup politik, ekonomi hingga dalam
interaksi keagamaan. Secara spesifik, dalam dunia pendidikan juga terjadi berbagai tindakan
anarkis, perkelahian dan intimidasi di antara warga belajar dan warga sekolah. Dalam suatu
kasus, penyelesaian konflik dan ketegangan antar-kelompok siswa pun banyak dilakukan
dengan cara kekerasan. Ini menandakan bahwa penyelesaian yang berorientasi perdamaian
menjadi penting untuk disosialisasikan. Sebagai lembaga pendidikan berlabel ‘Islam’, PM
perlu memiliki bahan ajar yang mampu mencegah dari perilaku kekerasan dan mereorientasi
jalan fikir dan karakter warga belajar agar selaras dengan visi rahmat dan damai untuk masyarakat.