dc.contributor.advisor | SUCIATI, SUCIATI | |
dc.contributor.author | NINGRUM, ANISATI SAUMA | |
dc.date.accessioned | 2018-09-25T02:35:46Z | |
dc.date.available | 2018-09-25T02:35:46Z | |
dc.date.issued | 2018-08-21 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/21543 | |
dc.description | Melihat banyaknya destinasi wisata yang ada di Yogyakarta, membuat tempattempat
wisata tersebut untuk lebih berinovasi dalam meningkatkan jumlah
pengunjung agar mampu bersaing dengan wisata yang lain. Bersaing dalam
merancang dan membuat strategi untuk mempromosikan wisata yang dimiliki.
Monumen Jogja Kembali (Monjali) adalah salah satu destinasi wisata museum yang
ada di Yogyakarta dan museum tertua di kabupaten Sleman. Monjali adalah wisata
museum yang mempunyai tujuan memberikan edukasi dan hiburan. Penelitian ini
pada dasarnya membahas tentang strategi promosi badan pengelola Monjali untuk
meningkatkan jumlah pengunjung tahun 2016. Teori yang digunakan dalam
penelitian ini mencakup perencanaan promosi jasa, pelaksanaan promosi jasa, dan
evaluasi kegiatan promosi jasa yang dilakukan oleh bagian pemasaran dari badan
pengelola Monjali. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan
penelitian analisis kualitatif berupa penjelasan secara deskriptif. Untuk teknik
pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Teknik analisis data yang digunakan dengan reduksi data, penyajian data, penarikan
kesimpulan. Uji validitas data dengan teknik triangulasi sumber. Hasil dari
penelitian ini adalah strategi promosi badan pengelola Monjali menggunakan
program unggulan yang berbeda dengan museum lainnya yaitu event peringatan
Jogja Kembali dan event Serangan 1 Maret. Untuk program unggulan selanjutnya
adalah program dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Yogyakarta yaitu travel
dialog. | en_US |
dc.description.abstract | Seeing the many tourist destinations in Yogyakarta, making these tourist places to
be more innovative in increasing the number of visitors to be able to compete with
other tourism. Competing in designing and strategic to promote tourism. Monument
of Jogja Kembali or (Monjali) is one of the museum’s tourist in Yogyakarta and the
oldest museum in the Sleman district. Monjali is a museum tour that have a purpose
of provide education and entertainment. This study basically discusses the
promotion strategy of the Monjali management agency to increase the number of
visitors in 2016. The theory used in this study includes a planning of service
promotion, implementation of service promotion, and evaluation activities
performed by marketing departement of Monjali. The method used in this study uses
qualitative analysis research in the form of descriptive. For data techniques using
interviews techniques, observation and documentation. Data analysis techniques
that are used with the reduction of the data, the presentation of the data, the
conclusion drawing. Test validity of the data by the technique of triangulation of
sources. The results of this study are Monjali’s promotion strategy using a superior
program that is different from other museums, namely the memorial “Jogja
Kembali” event and “Serangan 1 Maret” event. For the next superior program of
Yogyakarta’s Culture and Tourism Service, namely is travel dialogue. | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | Strategi of service promotion, Planning of service promotion, Implementation of service promotion, Evaluation of service promotion | en_US |
dc.title | STRATEGI PROMOSI BADAN PENGELOLA MONUMEN JOGJA KEMBALI (MONJALI) DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG TAHUN | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
FISIP
543 | en_US |