dc.contributor.advisor | | |
dc.contributor.author | UTAMI, ANNISA DWI | |
dc.date.accessioned | 2018-10-01T02:58:01Z | |
dc.date.available | 2018-10-01T02:58:01Z | |
dc.date.issued | 2018 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/21628 | |
dc.description | Pada tahun 2017, tragedi Gunung Agung cukup memunculkan keresahan bagi
perusahaan pariwisata di Bali, salah satunya PT. Tjendana Mandra Sakti Tours and
Travel. Karena hal itu menyebabkan berkurangnya wisatawan mancanegara terutama
yang berasal dari China yang merupakan target pasar utama PT. Tjendana Mandra Sakti.
Atas dasar ini, maka dilakukan penelitian mengenai strategi promosi yang menjadi
langkah perusahaan dalam menarik kembali minat wisatawan China dan meningkatkan
omzet perusahaan.
Penelitian ini berusaha menganalisis strategi promosi menggunakan metode sales
promotion yang dilakukan oleh PT. Tjendana Mandra Sakti. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mengetahui efektifitas sales promotion yang dilakukan oleh PT. Tjendana
Mandra Sakti untuk menaikkan omzet penjualan.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan
dianalisa secara kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini didapatkan melalui
wawancara dengan informan, serta dokumen-dokumen relevan yang terkait dengan sales
promotion PT. Tjendana Mandra Sakti.
Pengelolaan sales promotion PT. Tjendana Mandra Sakti yang meliputi
perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi ini mendapatkan hasil penelitian yang
menunjukkan bahwa PT. Tjendana Mandra Sakti cukup berhasil dalam menggunakan
metode sales promotion sebab tidak adanya perubahan yang berarti atau mendasar
sebelum dan sesudah erupsi gunung Agung terjadi pada pelaksanaan bauran promosi. Hal
ini dikarenakan konsuman yang berasal dari China lebih percaya dan terpengaruh pada
otoritas pemerintah dari dalam negri ataupun luar negri. Namun tetap perlu adanya
tindakan promosi berupa metode sales promotion dan menambahkan variasi promo
produk seperti produk yang bersifat momentum, paket diskon besar, paket perayaan
pribadi, yang bertujuan untuk menaikkan omzet yang ditandai dengan peningkatan
kembali minat wisatawan China menggunakan jasa PT. Tjendana Mandra Sakti Tours
and Travel setelah larangan dari Pemerintah China untuk terbang ke Bali resmi dicabut. | en_US |
dc.description.abstract | Pada tahun 2017, tragedi Gunung Agung cukup memunculkan keresahan bagi
perusahaan pariwisata di Bali, salah satunya PT. Tjendana Mandra Sakti Tours and
Travel. Karena hal itu menyebabkan berkurangnya wisatawan mancanegara terutama
yang berasal dari China yang merupakan target pasar utama PT. Tjendana Mandra Sakti.
Atas dasar ini, maka dilakukan penelitian mengenai strategi promosi yang menjadi
langkah perusahaan dalam menarik kembali minat wisatawan China dan meningkatkan
omzet perusahaan.
Penelitian ini berusaha menganalisis strategi promosi menggunakan metode sales
promotion yang dilakukan oleh PT. Tjendana Mandra Sakti. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mengetahui efektifitas sales promotion yang dilakukan oleh PT. Tjendana
Mandra Sakti untuk menaikkan omzet penjualan.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan
dianalisa secara kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini didapatkan melalui
wawancara dengan informan, serta dokumen-dokumen relevan yang terkait dengan sales
promotion PT. Tjendana Mandra Sakti.
Pengelolaan sales promotion PT. Tjendana Mandra Sakti yang meliputi
perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi ini mendapatkan hasil penelitian yang
menunjukkan bahwa PT. Tjendana Mandra Sakti cukup berhasil dalam menggunakan
metode sales promotion sebab tidak adanya perubahan yang berarti atau mendasar
sebelum dan sesudah erupsi gunung Agung terjadi pada pelaksanaan bauran promosi. Hal
ini dikarenakan konsuman yang berasal dari China lebih percaya dan terpengaruh pada
otoritas pemerintah dari dalam negri ataupun luar negri. Namun tetap perlu adanya
tindakan promosi berupa metode sales promotion dan menambahkan variasi promo
produk seperti produk yang bersifat momentum, paket diskon besar, paket perayaan
pribadi, yang bertujuan untuk menaikkan omzet yang ditandai dengan peningkatan
kembali minat wisatawan China menggunakan jasa PT. Tjendana Mandra Sakti Tours
and Travel setelah larangan dari Pemerintah China untuk terbang ke Bali resmi dicabut. | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | Strategi Promosi, sales promotion, PT. Tjendana Mandra Sakti, Minat Wisatawan China, Omset. | en_US |
dc.title | STRATEGI SALES PROMOTION PT. TJENDANA MANDRA SAKTI TOURS AND TRAVEL DALAM MENARIK MINAT KONSUMEN CHINA PASKA ERUPSI GUNUNG AGUNG TAHUN 2017 | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
FISIP
630 | en_US |