Show simple item record

dc.contributor.authorBAIDARUS, BAIDARUS
dc.date.accessioned2018-10-01T03:36:09Z
dc.date.available2018-10-01T03:36:09Z
dc.date.issued2018-10-01
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/21638
dc.descriptionPendidikan karakter menempati peran sentral dalam dunia pendidikan yang merupakan amanah konstitusi yang termaktub dalam undang-undang tentang Sistem Pendidikan Nasional. Kemajuanan ilmu pengetahuan dan teknologi yang tidak terbendung oleh kekuatan fisik dengan berbagai dampak baik positif maupun negatif, menjadi alasan kuat untuk menjadikan pendidikan karakter sebagai basis pertahanan moral dalam menghadapi pengaruh negatif globalisasi. Peranan pendidikan karakter juga menjadi perhatian yang sangat besar di lembaga-lembaga pendidikan Muhammadiyah, khususnya mata pelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan, Pendidikan karakter menjadi ruh dalam setiap proses pembelajaran dalam upaya mencapai tujuan pendidikan Muhammadiyah dan tujuan persyarikatan. Tujuan penelitian ini adalah Pertama, mendeskripsikan dan menjelasakan secara detail tentang kedudukan dan pelaksanaan proses pembelajaran pendidikan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan di Perguruan Menengah Muhammadiyah Kota Pekanbaru. Kedua, mendeskripsikan dan menganalisis pendidikan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan dalam membentuk karakter siswa di Perguruan Menengah Muhammadiyah Kota Pekanbaru. Penelitian ini bercorak kualitatif dengan studi kasus, mengunakan pendekatan multidisipliner, di antaranya filosofis, fenomenologis dan psikologis. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Adapun informan penelitian adalah Kepala Sekolah, guru-guru Al-Islam dan Kemuhammadiyahan dan siswa. Setelah data diperoleh kemudian data dianalisis dengan analisis situs tunggal dan analisis data lintas situs. Kemudian pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi data sumber dan metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan punya peran sangat penting dalam membentuk karakter siswa di Perguruan Menengah Muhammadiyah Kota Pekanbaru. Disamping sebagai keunggulan dan ciri khas sekolah Muhammadiyah, pendikan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan juga menjadi syarat kelulusan siswa. Proses pembelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan di Perguruan Menengah Muhammadiyah Kota Pekanbaru didukung oleh guru-guru yang memiliki kompetensi ke-Islaman dan Kemuhammadiyahan, sehingga mereka berhasil menerapkan nilai pembentukan karakter di setiap proses pembelajaran, melalui metode diskusi, tanya jawab, nasihat dan motivasi keteladanan guru dalam kelas. Peran penting pendidikan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan di Perguruan Menengah Muhammadiyah Kota Pekanbaru terlihat dari sikap yang dimiliki para siswanya: (1) sikap religius, tergambar dari ghiroh dan kedisiplinan dalam beribadah seperti shalat berjamaah, membaca Al-Quran, shalat duha dan puasa sunat, (2) sikap moderat, tergamabar dari rasa kasih sayang, kesantunan, tawasut, toleransi, saling mendukung dan memperkuat, bersikap kritis terbuka dalam memandang berbagai perbedaan dan pemahaman, (3) sikap cerdas dan berilmu, sikap ini terlihat dari semangat belajar dan membaca yang dimiliki siswa, (4) mandiri, karakter ini menjadikan seseorang menjadi unggul disiplin dan bertanggunga jawab. (5) bekerjasama, sikap ini terlihat dari rasa solidaritas sosial yang tinggi di antara siswa.en_US
dc.description.abstractPendidikan karakter menempati peran sentral dalam dunia pendidikan yang merupakan amanah konstitusi yang termaktub dalam undang-undang tentang Sistem Pendidikan Nasional. Kemajuanan ilmu pengetahuan dan teknologi yang tidak terbendung oleh kekuatan fisik dengan berbagai dampak baik positif maupun negatif, menjadi alasan kuat untuk menjadikan pendidikan karakter sebagai basis pertahanan moral dalam menghadapi pengaruh negatif globalisasi. Peranan pendidikan karakter juga menjadi perhatian yang sangat besar di lembaga-lembaga pendidikan Muhammadiyah, khususnya mata pelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan, Pendidikan karakter menjadi ruh dalam setiap proses pembelajaran dalam upaya mencapai tujuan pendidikan Muhammadiyah dan tujuan persyarikatan. Tujuan penelitian ini adalah Pertama, mendeskripsikan dan menjelasakan secara detail tentang kedudukan dan pelaksanaan proses pembelajaran pendidikan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan di Perguruan Menengah Muhammadiyah Kota Pekanbaru. Kedua, mendeskripsikan dan menganalisis pendidikan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan dalam membentuk karakter siswa di Perguruan Menengah Muhammadiyah Kota Pekanbaru. Penelitian ini bercorak kualitatif dengan studi kasus, mengunakan pendekatan multidisipliner, di antaranya filosofis, fenomenologis dan psikologis. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Adapun informan penelitian adalah Kepala Sekolah, guru-guru Al-Islam dan Kemuhammadiyahan dan siswa. Setelah data diperoleh kemudian data dianalisis dengan analisis situs tunggal dan analisis data lintas situs. Kemudian pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi data sumber dan metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan punya peran sangat penting dalam membentuk karakter siswa di Perguruan Menengah Muhammadiyah Kota Pekanbaru. Disamping sebagai keunggulan dan ciri khas sekolah Muhammadiyah, pendikan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan juga menjadi syarat kelulusan siswa. Proses pembelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan di Perguruan Menengah Muhammadiyah Kota Pekanbaru didukung oleh guru-guru yang memiliki kompetensi ke-Islaman dan Kemuhammadiyahan, sehingga mereka berhasil menerapkan nilai pembentukan karakter di setiap proses pembelajaran, melalui metode diskusi, tanya jawab, nasihat dan motivasi keteladanan guru dalam kelas. Peran penting pendidikan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan di Perguruan Menengah Muhammadiyah Kota Pekanbaru terlihat dari sikap yang dimiliki para siswanya: (1) sikap religius, tergambar dari ghiroh dan kedisiplinan dalam beribadah seperti shalat berjamaah, membaca Al-Quran, shalat duha dan puasa sunat, (2) sikap moderat, tergamabar dari rasa kasih sayang, kesantunan, tawasut, toleransi, saling mendukung dan memperkuat, bersikap kritis terbuka dalam memandang berbagai perbedaan dan pemahaman, (3) sikap cerdas dan berilmu, sikap ini terlihat dari semangat belajar dan membaca yang dimiliki siswa, (4) mandiri, karakter ini menjadikan seseorang menjadi unggul disiplin dan bertanggunga jawab. (5) bekerjasama, sikap ini terlihat dari rasa solidaritas sosial yang tinggi di antara siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherPPI UMYen_US
dc.subjectKEMUHAMMADIYAHANen_US
dc.subjectAL-ISLAMen_US
dc.subjectKARAKTERen_US
dc.subjectPENDIDIKANen_US
dc.titlePENDIDIKAN KARAKTER DALAM ISLAM (STUDI TENTANG PERANAN PENDIDIKAN AL-ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAHAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI SEKOLAH MENENGAH MUHAMMADIYAH KOTA PEKANBARU)en_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record