Show simple item record

dc.contributor.authorTAUFIK, ANVIKA ADHA
dc.date.accessioned2018-10-02T03:47:39Z
dc.date.available2018-10-02T03:47:39Z
dc.date.issued2018-10-01
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/21655
dc.descriptionLatar belakang: Kualitas pelayanan rumah sakit adalah unsur penting dalam jasa pelayanan kesehatan. Rumah sakit dituntut untuk memberikan pelayanan dengan kualitas terbaik, agar menjadi penyelenggara pelayanan kesehatan yang berperan aktif serta ikut mendukung tujuan pembangunan kesehatan dalam Sistem Kesehatan Nasional (SKN). Kepuasan pasien dianggap sebagai salah satu dimensi yang sangat penting berkualitas dan merupakan salah satu indikator utama dari standar suatu fasilitas kesehatan yang merupakan akibat pengaruh pelayanan kesehatan yang disampaikan pihak rumah sakit dan hal inilah yang membuat pengukuran kepuasan pasien menjadi komponen penting. Tujuan penelitian: Untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan program BPJS terhadap kepuasan pasien dimediasi kinerja medis di RSUD Raden Mattaher Jambi. Metode: Penelitian ini kuantitatif dengan rancangan penelitian cross sectional. Semua pasien pengguna layanan BPJS di RSUD Raden Mattaher Jambi sebanyak 12.000 orang. Sampel penelitian ini sebanyak 108 orang dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Analisis Structural Equation Modeling (SEM). Hasil: Kualitas pelayanan program BPJS berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien. Kualitas pelayanan program BPJS berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja medis. Kinerja medis berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien. Kualitas pelayanan program BPJS berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien yang dimediasi oleh kinerja medis di RSUD Raden Mattaher Jambi. Kesimpulan: Kualitas pelayanan program BPJS berpengaruh terhadap kepuasan pasien dimediasi kinerja medis di RSUD Raden Mattaher Jambi.en_US
dc.description.abstractLatar belakang: Kualitas pelayanan rumah sakit adalah unsur penting dalam jasa pelayanan kesehatan. Rumah sakit dituntut untuk memberikan pelayanan dengan kualitas terbaik, agar menjadi penyelenggara pelayanan kesehatan yang berperan aktif serta ikut mendukung tujuan pembangunan kesehatan dalam Sistem Kesehatan Nasional (SKN). Kepuasan pasien dianggap sebagai salah satu dimensi yang sangat penting berkualitas dan merupakan salah satu indikator utama dari standar suatu fasilitas kesehatan yang merupakan akibat pengaruh pelayanan kesehatan yang disampaikan pihak rumah sakit dan hal inilah yang membuat pengukuran kepuasan pasien menjadi komponen penting. Tujuan penelitian: Untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan program BPJS terhadap kepuasan pasien dimediasi kinerja medis di RSUD Raden Mattaher Jambi. Metode: Penelitian ini kuantitatif dengan rancangan penelitian cross sectional. Semua pasien pengguna layanan BPJS di RSUD Raden Mattaher Jambi sebanyak 12.000 orang. Sampel penelitian ini sebanyak 108 orang dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Analisis Structural Equation Modeling (SEM). Hasil: Kualitas pelayanan program BPJS berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien. Kualitas pelayanan program BPJS berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja medis. Kinerja medis berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien. Kualitas pelayanan program BPJS berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien yang dimediasi oleh kinerja medis di RSUD Raden Mattaher Jambi. Kesimpulan: Kualitas pelayanan program BPJS berpengaruh terhadap kepuasan pasien dimediasi kinerja medis di RSUD Raden Mattaher Jambi.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherMMR UMYen_US
dc.subjectKEPUASAN PASIENen_US
dc.subjectKINERJA MEDISen_US
dc.subjectKUALITAS PELAYANANen_US
dc.titleANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PROGRAM BPJS TERHADAP KEPUASAN PASIEN DIMEDIASI OLEH KINERJA MEDIS DI RSUD RADEN MATTAHER JAMBIen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record