ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PROGRAM BPJS TERHADAP KEPUASAN PASIEN DIMEDIASI OLEH KINERJA MEDIS DI RSUD RADEN MATTAHER JAMBI
Abstract
Latar belakang: Kualitas pelayanan rumah sakit adalah unsur penting dalam jasa pelayanan kesehatan. Rumah sakit dituntut untuk memberikan pelayanan dengan kualitas terbaik, agar menjadi penyelenggara pelayanan kesehatan yang berperan aktif serta ikut mendukung tujuan pembangunan kesehatan dalam Sistem Kesehatan Nasional (SKN). Kepuasan pasien dianggap sebagai salah satu dimensi yang sangat penting berkualitas dan merupakan salah satu indikator utama dari standar suatu fasilitas kesehatan yang merupakan akibat pengaruh pelayanan kesehatan yang disampaikan pihak rumah sakit dan hal inilah yang membuat pengukuran kepuasan pasien menjadi komponen penting.
Tujuan penelitian: Untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan program BPJS terhadap kepuasan pasien dimediasi kinerja medis di RSUD Raden Mattaher Jambi.
Metode: Penelitian ini kuantitatif dengan rancangan penelitian cross sectional. Semua pasien pengguna layanan BPJS di RSUD Raden Mattaher Jambi sebanyak 12.000 orang. Sampel penelitian ini sebanyak 108 orang dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Analisis Structural Equation Modeling (SEM).
Hasil: Kualitas pelayanan program BPJS berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien. Kualitas pelayanan program BPJS berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja medis. Kinerja medis berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien. Kualitas pelayanan program BPJS berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien yang dimediasi oleh kinerja medis di RSUD Raden Mattaher Jambi.
Kesimpulan: Kualitas pelayanan program BPJS berpengaruh terhadap kepuasan pasien dimediasi kinerja medis di RSUD Raden Mattaher Jambi.