SIKAP KONSUMEN TERHADAP BERBAGAI MEREK PRODUK KERIPIK KENTANG DI KABUPATEN WONOSOBO DENGAN MODEL POINT IDEAL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik keripik kentang, sikap konsumen terhadap berbagai merek produk keripik kentang, serta perbandingan sikap konsumen terhadap berbagai merek produk keripik kentang yang dipasarkan di Kabupaten Wonosobo. Penelitian dilakukan di empat toko dengan menggunakan 80 responden yang diambil menggunakan accidental sampling. Metode analisis yang digunakan dalam mengetahui sikap konsumen adalah model point ideal, sedangkan metode analisis untuk mengetahui perbandingan sikap konsumen adalah uji one way ANOVA. Hasil menunjukkan bahwa urutan merek produk keripik kentang yang paling ideal bagi konsumen adalah sebagai berikut: Piattos, Chitato, Leo, Lays, Pringles, Pakuwojo, Tri Sakti, Albaeta. Terdapat variasi hasil yaitu ada dan tidak ada perbedaan pada antar merek yang dihasilkan oleh sesama industri kecil serta pada antar merek yang dihasilkan oleh sesama perusahaan. Pada merek produk keripik kentang yang dihasilkan oleh industri kecil dengan merek keripik kentang yang dihasilkan oleh perusahaan terdapat perbedaan.