Show simple item record

dc.contributor.advisorSYAMSUDIN, SYAMSUDIN
dc.contributor.authorASTUTI, RINA
dc.date.accessioned2018-10-05T07:21:15Z
dc.date.available2018-10-05T07:21:15Z
dc.date.issued2018-04-17
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/21768
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tinggi sikap belajar siswa alumni dari MTs dan SMP, serta untuk membuktikan secara empiris apakah ada perbedaan sikap belajar antara siswa alumni dari MTs dengan siswa alumni dari SMP dalam pelaksanaan Pendidikan Agama Islam. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, dan jenis penelitian yang digunakan adalah komparasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Muhammadiyah Wonsari dengan jumlah populasi 256 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan rumus Slovin dengan taraf kesalahan 5% secara purposive random sampling. Data dikumpulkan dengan kuisioner model skala Likert dan dianalisis secara deskriptif dengan uji analisis Uji- T (T-test) sampel independen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap belajar siswa alumni dari MTs termasuk dalam kategori sedang dengan persentase sebesar 38,46%. sedangkan siswa alumni dari SMP termasuk dalam kategori tinggi yaitu sebesar 42,31%. Hasil berdasarkan dari perhitungan uji t-test pada signifikansi (sig.2 tailed) sebesar 0,016 hal itu dapat diartikan bahwa untuk t-test perbedaan dinyatakan signifikan karena nilai signifikansi <0,05.en_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tinggi sikap belajar siswa alumni dari MTs dan SMP, serta untuk membuktikan secara empiris apakah ada perbedaan sikap belajar antara siswa alumni dari MTs dengan siswa alumni dari SMP dalam pelaksanaan Pendidikan Agama Islam. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, dan jenis penelitian yang digunakan adalah komparasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Muhammadiyah Wonsari dengan jumlah populasi 256 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan rumus Slovin dengan taraf kesalahan 5% secara purposive random sampling. Data dikumpulkan dengan kuisioner model skala Likert dan dianalisis secara deskriptif dengan uji analisis Uji- T (T-test) sampel independen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap belajar siswa alumni dari MTs termasuk dalam kategori sedang dengan persentase sebesar 38,46%. sedangkan siswa alumni dari SMP termasuk dalam kategori tinggi yaitu sebesar 42,31%. Hasil berdasarkan dari perhitungan uji t-test pada signifikansi (sig.2 tailed) sebesar 0,016 hal itu dapat diartikan bahwa untuk t-test perbedaan dinyatakan signifikan karena nilai signifikansi <0,05.en_US
dc.publisherFAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectsikap belajar, pelaksanaan Pendidikan Agama Islam, Uji-T (T-test)en_US
dc.titleSTUDI KOMPARASI SIKAP BELAJAR ANTARA ALUMNI MTs DENGAN ALUMNI SMP DI KELAS X SMK MUHAMMADIYAH WONOSARIen_US
dc.typeThesis SKR FAI 159en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record