IMPLEMENTASI STRATEGI PROGRAM DI RADIO JIZ FM
Abstract
Radio JIZ FM merupakan radio yang belum lama mengudara dengan nama dan program siarannya, dan lebih dominan memutarkan musik-musik non-stop nya. Hal ini membuat peneliti ingin meneliti bagaimana implementasi strategi program di radio JIZ FM. Kondisi ini menarik untuk diteliti karena banyaknya radio-radio swasta lain yang telah lama mengudara terlebih dahulu dan mempunyai format-format siaran program musik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi strategi program di Radio JIZ FM.
Metode penelitian menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, di mana data yang diperoleh bukan berupa angka. Data yang didapat digunakan untuk menjelaskan atau melaporkan data dengan apa adanya, kemudian memberikan interpretasi terhadap data tersebut.
Hasil penelitian adalah perencanaan program di radio JIZ FM yaitu dilakukan dari proses persiapan produksi program yang meliputi kegiatan seperti rapat persiapan, rapat pemantapan program dan keputusan tentang produksi program. Terakhir adalah koordinasi dengan pihak-pihak terkait. Produksi yang diputar oleh radio JIZ
FM yaitu hasil membuat sendiri dan dari pihak lain. Tim Kreatif radio JIZ FM tidak
membuatkan semua materi untuk program siaran. Dalam proses pelaksanaan
program radio JIZ FM telah menentukan pembagian waktu siaran yang diatur dari
mulai dimulai dari jam 05.00-09.00. Rundown yang ditetapkan selama 24 jam di
atas, selanjutnya dibagi ke tiga orang penyiar.
Program acara yang ada di radio JIZ FM ini sudah dijelaskan bahwa tujuan
utamanya menambah pendengar serta mempertahankan pendengar yang telah ada.
Namun apabila suatu program yang dilakukan dengan usaha yang keras serta
melakukannya dengan total beberapa hasil yang menjadi tambahan akan ikut
menjadi hasil kerja kerasnya. Radio JIZ FM juga menyiapkan beberapa program
lanjutan yang akan diselenggarakan setelah ini. Programnya ada yang khusus untuk
menyambut hari-hari besar Islam maupun hari besar Nasional.