GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PERAWATAN KAPING PULPA DI RSGM UMY PADA TAHUN 2016-2018
Abstract
Latar Belakang : Upaya untuk melindungi pulpa karena karies salah satunya adalah dengan melakukan perawatan endodontik, yaitu kaping pulpa. Kaping pulpa adalah perawatan untuk mempertahankan vitalitas pulpa selama melakukan pembuangan jaringan dentin yang terkena karies dan untuk melindungi pulpa dari bakteri dengan menambah kemampuan regenerasi dentin. Pelayanan perawatan kaping pulpa akan dikatakan berhasil apabila pasien merasa puas dengan pelayanan yang diberikan.
Tujuan Penelitian : Untuk mengetahui gambaran tingkat kepuasan pasien terhadap perawatan kaping pulpa di Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Universitas Muhammadyah Yogyakarta (UMY) pada tahun 2016-2018.
Metode Penelitian : Jenis penelitian ini adalah observasional deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Subyek penelitian sebanyak 107 pasien RSGM UMY yang melakukan perawatan kaping pulpa pada tahun 2016 – 2018. Gambaran tingkat kepuasan pasien terhadap perawatan kaping pulpa didapatkan dengan menggunakan kuesioner dengan mengukur 5 dimensi kepuasan yaitu, tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan aplikasi SPSS kemudian dipaparkan dengan tabel frekuensi.
Hasil Penelitian : Berdasarkan total dari keseluruhan dimensi didapatkan hasil persentase sangat tidak puas sebesar 0%, hasil persentase tidak puas sebesar 0,22%, hasil persentase kurang puas sebesar 3,59%, hasil persentase puas sebesar 51,33%, dan hasil persentase sangat puas sebesar 44,86%.
Kesimpulan : Gambaran tingkat kepuasan pasien terhadap perawatan kaping pulpa di RSGGM UMY pada tahun 2016 -2018 yang ditinjau bedasarkan 5 dimensi kepuasan adalah puas dengan hasil persentase sebesar 51,33%.