Show simple item record

dc.contributor.advisorKURNIASIH, INDRI
dc.contributor.authorIKA DHITA MAWAR LIZA, IKA DHITA MAWAR LIZA
dc.date.accessioned2018-10-08T07:19:52Z
dc.date.available2018-10-08T07:19:52Z
dc.date.issued2018-07-25
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/21884
dc.descriptionLatar belakang : Stres dapat dikatakan sebagai proses adaptasi dengan lingkungan yang baru. Cara yang paling tepat dalam mengurangi efek negatif dari stres pada mahasiswa baru adalah adalah dengan manajemen stres Cognitive- behavioral. Tujuan : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai efektivitas manajemen stres metode Cognitive-behavioral dalam menurunkan stres pada mahasiswa tahun pertama tahap sarjana PSPDG UMY. Metode : Jenis penelitian ini adalah quasy eksperimental dengan rancangan pretest-intervention-postest. Sampel terdiri dati 40 mahasiswa tahun pertama PSPDG UMY yang dipilih melalui purposive sampling. Analisis yang digunakan adalah uji Wilcoxon karena distribusi data tidak normal. Hasil : Penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah diberi manajemen stres dengan nilai probabilitas 0,000 (p < 0,05). Hasil rata-rata menunjukan penurunan nilai sebesar 9,60. Kesimpulan : Manajemen Stres metode Cognitive-behavioral efektif dapat menurunkan tingkat stress mahasiswa tahun pertama PSPDG UMY.en_US
dc.description.abstractBackground: Stress can refered as an adaptation process to a new environment. The most effective way to reduce negative effect that caused by stress on first year students is Cognitive-behavioral stress management. Objective: The objective of this research is to study whether the effectiveness of Cognitive-behavioral method as stress management in decreasing stress among the first year students at School of Dentistry UMY. Methods: The type of the research was quasi-experimental with pretest-intervention-posttest design. The sample consisted of 40 first year students at School of Dentistry UMY chosen through purposive sampling. The analysis was done using Wilcoxon test since the data distribution was not normal. Results: The research indicated that there was significant difference before and after being treated with the stress management with its probability value of 0,000 (p<0,05). The average result indicated a decreasing value of 9,60. Conclusion: Cognitive-behavior method is effective as stress management in decreasing the level of stress among first year students of School of Dentistry UMY.en_US
dc.publisherFAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectStress, Stress Management, Cognitive-behavior Therapyen_US
dc.titleEFEKTIVITAS MANAJEMEN STRES COGNITIVE-BEHAVIORAL DALAM MENURUNKAN TINGKAT STRES MAHASISWA TAHUN PERTAMA TAHAP SARJANA PSPDG UMYen_US
dc.typeThesis SKR FKIK 129en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record