IMPLEMENTASI KEDISIPLINAN SISWA DALAM IBADAH SHALAT DI SMP N 2 KARANGMOJO GUNUNGKIDUL
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui implementasi kedisiplinan siswa dalam ibadah shalat di SMP N 2 Karangmojo, untuk mendiskripsikan dampak dari kedisiplinan siswa dalam melakukan kegiatan ibadah shalat di SMP N 2 Karangmojo, dan untuk mendiskripsikan faktor pendukung dan penghambat kedisiplinan siswa dalam melakukan ibadah shalat di SMP N 2 Karangmojo.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kulitatif. Penelitian ini mengambil data dari SMP N 2 Karangmojo. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis yang bersifat induktif ketika berada di lapangan dan dengan metode deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian ini adalah implementasi kedisiplinan siswa dalam ibadah shalat di SMP N 2 Karangmojo berjalan cukup disiplin dan tertib. Hal ini dapat dilihat dari dampak kedisiplinan siswa dalam kegiatan ibadah shalat adalah (1)Siswa merasa dekat dengan Allah SWT, (2)Menguatkan iman setiap siswa dan menjauhkan siswa dari perbuatan maksiat, (3)Siswa lebih mengenal dan lebih dekat dengan ajaran Agama Islam, (4)Siswa lebih tertib dalam menjalankan ibadah shalat, (5)Siswa menjadi lebih disiplin dalam menjalankan ibadah shalat di manapun berada, (6)Melatih kedisiplinan siswa dalam kehidupan sehari – hari, (7)Siswa lebih mengerti sikap dan perilaku yang berkarakter, (8)Siswa lebih mandiri dalam melakukan berbagai hal di kehidupan sehari – harinya. Faktor pendukung kedisiplinan siswa dalam ibadah shalat adalah (1)Visi dan misi sekolah mengenai pengembangan religiusitas siswa, (2)Tersedia sarana yang memadahi, (3)Jadwal kegiatan shalat berjamaah siswa, (4)Absensi daftar hadir shalat berjamaah. Untuk faktor penghambat adalah (1)Kondisi malas yang membuat siswa tidak mengerjakan shalat, (2)Pengaruh lingkungan pergaulan, (3)Kurangnya kesadaran diri siswa.