STRATEGI PROMOSI PERSONAL SELLING DALAM PENINGKATAN PENJUALAN PRODUK SIMPANAN MUDHARABAH BERJANGKA DI BPR SYARIAH ARTA LEKSANA PURWOKERTO DENGAN PENDEKATAN COMMUNICATION SKILL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi promosi personal selling dalam peningkatan penjualan produk simpanan mudharabah berjangka di BPR Syariah Arta Leksana Purwokerto dengan pendekatan communication skill. Dan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi BPR Syariah Arta Leksana Purwokerto dalam mempromosikan produk simpanan mudharabah berjangka melalui promosi personal selling dengan pendekatan communication skill. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif deskriptif yakni menggambarkan atau mendeskripsikan data yang sudah terkumpul sebagaimana adanya tanpa maksud membuat kesimpulan dengan menggunakan perspektif subyektif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi dengan subjek penelitian yang melibatkan koordinator kantor, kepala bagian marketing, staff marketing funding dan empat nasabah di BPR Syariah Arta Leksana Purwokerto. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa BPR Syariah Arta Leksana Purwokerto dalam mempromosikan produk simpanan mudharabah berjangka dengan menerapkan metode promosi personal selling dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1). Prospecting, (2) preapproach, (3) approach, (4) presentation, (5) handling objections, (6) closing, (7) follow-up. Langkah-langkah tersebut perlu adanya peningkatan dalam penanganan keberatan atau penolakan yang dialami nasabah kemudian kemampuan komunikasi yang dimiliki oleh marketing juga perlu adanya peningkatan dalam menjelaskan produk dari sisi syariah dengan bahasa yang mudah dipahami oleh nasabah. Faktor yang mempengaruhi kegiatan personal selling yaitu adanya persaingan yang tajam baik dengan bank syariah itu sendiri maupun dengan bank konvensional karena masih kurangnya pemahaman masyarakat mengenai sistem syariah.