IDENTITAS MORAL GENERASI MILLENNIAL DAN POST-MILLENNIAL PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM
Abstract
Generasi Millennial dan Post-Millennial adalah generasi yang lahir ditengah-tengah perkembangan teknologi informasi. Mereka generasi yang fasih menggunakan teknologi karena bersinggungan langsung dalam kehidupan mereka. Pergeseran budaya sosial masyarakat Millennials dipengaruhi oleh kemajuan teknologi informasi yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) menjelaskan tentang identitas moral Generasi Millennial dan Post-Millennial, 2) menjelaskan tentang identitas moral Generasi Millennial dan Post-Millennial perspektif pendidikan Islam.
Jenis penelitian ini adalah Library Research dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode analisis yang digunakan adalah deskriptif analitis. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) karakter utama Generasi Millennial dan Post-Millennial adalah creative, confidence dan connected. Selain itu juga mereka sangat kecanduan Smartphone sehingga banyak membuang waktu, rendah atensi atau individualis, gaya hidup konsumtif serta orientasi dalam mencari hiburan yang berlebihan. 2) Perilaku moral yang menjadi identitas generasi tersebut merupakan peluang dan tantangan yang harus dihadapi. Relevansi terhadap konteks pendidikan Islam adalah perlunya peran pengawasan dari orangtua atau pendidik terhadap perbedaan kultur budaya kearah identitas yang positif. Pengaruh negatif dan penyalahgunaan dari teknologi perlu dipahami, agar bisa menjadi acuan dalam mendidik generasi muda kearah hal-hal yang positif yang bisa menjadi peluang dan bermanfaat bagi mereka.