dc.contributor.advisor | SETYAWATI, ANY | |
dc.contributor.author | NOVRITA, PUJA | |
dc.date.accessioned | 2018-10-10T02:21:30Z | |
dc.date.available | 2018-10-10T02:21:30Z | |
dc.date.issued | 2018-08-14 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/21992 | |
dc.description | Latar Belakang : Karies dapat terjadi pada gigi anterior sehingga berpengaruh
terhadap estetika. Salah satu perawatan karies gigi ialah dengan melakukan
penumpatan untuk memperbaiki penampilan gigi agar dapat mengembalikan rasa
percaya diri pasien. Kepuasan pasien terhadap hasil penumpatan dapat dicapai
apabila pelayanan yang diterima sesuai dengan harapan.
Tujuan Penelitian : Untuk mengetahui gambaran tingkat kepuasan pasien
terhadap perawatan tumpatan gigi anterior di RSGM UMY tahun 2016-2018.
Metode Penelitian : Penelitian ini merupakan penelitian observasional deskriptif
dengan desain penelitian cross sectional. Sampel penelitian berjumlah 107 orang.
Penelitian ini menggunakan kuesioner dengan mengukur 5 dimensi kepuasan
antara lain bukti fisik (tangible), keandalan (reliability), daya tanggap
(responsiveness), jaminan (assurance), perhatian (emphaty).
Hasil Penelitian : Berdasarkan total keseluruhan dimensi didapatkan hasil
persentase sangat puas yaitu sebesar 41,66 %, hasil persentase puas yaitu sebesar
51,8 %, hasil persentase kurang puas yaitu sebesar 5,85 %, hasil persentase tidak
puas yaitu sebesar 0,6 % dan hasil persentase sangat tidak puas yaitu sebesar 0,09
%.
Kesimpulan : Gambaran tingkat kepuasan pasien terhadap perawatan
penumpatan gigi anterior di RSGM UMY tahun 2016 – 2018 ditinjau dari
keseluruhan 5 dimensi adalah puas dengan persentase 51,8 %. | en_US |
dc.description.abstract | Background : Anterior teeth are at risk to developing caries that can affect to
aesthetic. Restoration is one of the treatment that can restore teeth appearance
and self confident. Patients are satisfied if the service they receive is as expected..
Research Aim : The research aimed at learning the overview of patients
satisfaction level toward anterior teeth restoration treatment at RSGM UMY year
2016-2018.
Research Methodology : The type of research is descriptive observational using
cross sectional research design. The samples were 107 patients. The research
used questionnaires to measure 5 dimensions of satisfaction such as tangibility,
reliability, responsiveness, assurance, and emphaty.
Research Result : The result indicates that based on all dimensions, 41, 66 %
patients were very satisfied, 51,8% were satisfied, 5,85% were not satisfied
enough, 0,6% were not satisfied, and 0,09% were very unsatisfied.
Conclusion : The level of patients satisfaction toward anterior teeth restoration
treatment at RSGM UMY year 2016-2018 is 51,8% of the patients were satisfied. | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | Anterior teeth restoration, patients satisfaction, RSGM UMY | en_US |
dc.title | GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PERAWATAN PENUMPATAN GIGI ANTERIOR DI RSGM UMY TAHUN 2016-2018 | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
FKIK
229 | en_US |