Show simple item record

dc.contributor.advisorHASAN, YUSUF A.
dc.contributor.authorSYUKRONI, AHMAD ZAMTHOHIR
dc.date.accessioned2018-10-10T02:59:26Z
dc.date.available2018-10-10T02:59:26Z
dc.date.issued2018-05-15
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/22003
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecerdasan emosional peserta didik di MTs Negeri 4 Sleman, untuk mengetahui strategi guru dalam peningkatan kecerdasan emosional peserta didik melalui pendidikan akhlak di Mts Negeri 4 Sleman, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan pengambat dalam peningkatan kecerdasan emosional peserta didik melalui pendidikan akhlak di MTs Negeri 4 Sleman. Penelitian ini menurut jenisnya merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah 2 guru pendidikan akhlak dan 7 peserta didik di MTs Negeri 4 Sleman. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah (1) Wawancara, (2) Observasi, (3) Dokumentasi. Analisis data yang dilakukan ialah dengan menggunakan analisis yang dikembangkan oleh Mulles dan Hubberman yaitu (1) Reduksi data, (2) Penyajian data, (3) Penarikan Simpulan dan (4) Triangulasi data. Hasil penelitian ini yaitu (1) Kecerdasan emosional peserta didik di MTs Negeri 4 Sleman sudah baik. (2) Strategi guru dalam peningkatan kecerdasan emosional peserta didik di MTs Negeri 4 Sleman dapat dilakukan melalui 4 cara yaitu melalui pelaksanaan program keagamaan, penanaman nilai keislaman, penanaman sikap peduli, berpikir positif, partisipatif, dan melalui pemilihan strategi pembelajaran. (3) Faktor pendukung dalam peningkatan kecerdasan emosional peserta didik melalui pendidikan akhlak di MTs Negeri 4 Sleman diantaranya sarana prasarana yang baik, budaya keagamaan di sekolah, keteladanan guru, kerjasama antar warga sekolah dan motivasi guru. Sedangkan faktor penghambat dalam peningkatan kecerdasan emosional peserta didik melalui pendidikan akhlak di MTs Negeri 4 Sleman diantaranya keterbatasan waktu tatap muka, media informasi, kurangnya dukungan keluarga, pengaruh lingkungan masyarakat.en_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecerdasan emosional peserta didik di MTs Negeri 4 Sleman, untuk mengetahui strategi guru dalam peningkatan kecerdasan emosional peserta didik melalui pendidikan akhlak di Mts Negeri 4 Sleman, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan pengambat dalam peningkatan kecerdasan emosional peserta didik melalui pendidikan akhlak di MTs Negeri 4 Sleman. Penelitian ini menurut jenisnya merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah 2 guru pendidikan akhlak dan 7 peserta didik di MTs Negeri 4 Sleman. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah (1) Wawancara, (2) Observasi, (3) Dokumentasi. Analisis data yang dilakukan ialah dengan menggunakan analisis yang dikembangkan oleh Mulles dan Hubberman yaitu (1) Reduksi data, (2) Penyajian data, (3) Penarikan Simpulan dan (4) Triangulasi data. Hasil penelitian ini yaitu (1) Kecerdasan emosional peserta didik di MTs Negeri 4 Sleman sudah baik. (2) Strategi guru dalam peningkatan kecerdasan emosional peserta didik di MTs Negeri 4 Sleman dapat dilakukan melalui 4 cara yaitu melalui pelaksanaan program keagamaan, penanaman nilai keislaman, penanaman sikap peduli, berpikir positif, partisipatif, dan melalui pemilihan strategi pembelajaran. (3) Faktor pendukung dalam peningkatan kecerdasan emosional peserta didik melalui pendidikan akhlak di MTs Negeri 4 Sleman diantaranya sarana prasarana yang baik, budaya keagamaan di sekolah, keteladanan guru, kerjasama antar warga sekolah dan motivasi guru. Sedangkan faktor penghambat dalam peningkatan kecerdasan emosional peserta didik melalui pendidikan akhlak di MTs Negeri 4 Sleman diantaranya keterbatasan waktu tatap muka, media informasi, kurangnya dukungan keluarga, pengaruh lingkungan masyarakat.en_US
dc.publisherFAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectStrategi guru, Kecerdasan emosional, Pendidikan akhlaken_US
dc.titleSTRATEGI GURU DALAM PENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK MELALUI PENDIDIKAN AKHLAK DI MTs NEGERI 4 SLEMANen_US
dc.typeThesis SKR FAI 128en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record