STRATEGI GURU DALAM PENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK MELALUI PENDIDIKAN AKHLAK DI MTs NEGERI 4 SLEMAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecerdasan emosional peserta
didik di MTs Negeri 4 Sleman, untuk mengetahui strategi guru dalam peningkatan
kecerdasan emosional peserta didik melalui pendidikan akhlak di Mts Negeri 4
Sleman, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan pengambat dalam
peningkatan kecerdasan emosional peserta didik melalui pendidikan akhlak di
MTs Negeri 4 Sleman.
Penelitian ini menurut jenisnya merupakan penelitian deskriptif kualitatif.
Subyek dalam penelitian ini adalah 2 guru pendidikan akhlak dan 7 peserta didik
di MTs Negeri 4 Sleman. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah (1)
Wawancara, (2) Observasi, (3) Dokumentasi. Analisis data yang dilakukan ialah
dengan menggunakan analisis yang dikembangkan oleh Mulles dan Hubberman
yaitu (1) Reduksi data, (2) Penyajian data, (3) Penarikan Simpulan dan (4)
Triangulasi data.
Hasil penelitian ini yaitu (1) Kecerdasan emosional peserta didik di MTs
Negeri 4 Sleman sudah baik. (2) Strategi guru dalam peningkatan kecerdasan
emosional peserta didik di MTs Negeri 4 Sleman dapat dilakukan melalui 4 cara
yaitu melalui pelaksanaan program keagamaan, penanaman nilai keislaman,
penanaman sikap peduli, berpikir positif, partisipatif, dan melalui pemilihan
strategi pembelajaran. (3) Faktor pendukung dalam peningkatan kecerdasan
emosional peserta didik melalui pendidikan akhlak di MTs Negeri 4 Sleman
diantaranya sarana prasarana yang baik, budaya keagamaan di sekolah,
keteladanan guru, kerjasama antar warga sekolah dan motivasi guru. Sedangkan
faktor penghambat dalam peningkatan kecerdasan emosional peserta didik melalui
pendidikan akhlak di MTs Negeri 4 Sleman diantaranya keterbatasan waktu tatap
muka, media informasi, kurangnya dukungan keluarga, pengaruh lingkungan
masyarakat.