dc.contributor.advisor | ASTUTI, NOVITASARI RATNA | |
dc.contributor.author | KHARISMA, SUKMA DEWI | |
dc.date.accessioned | 2018-10-10T06:09:32Z | |
dc.date.available | 2018-10-10T06:09:32Z | |
dc.date.issued | 2018-06-04 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/22033 | |
dc.description | Latar Belakang Karies dan persistensi rentan terjadi pada usia 9-10 tahun sebab
siswa kurang memiliki pengetahuan tentang kesehatan gigi dan mulut.
Pendidikan kesehatan mulut dan gigi dapat menggunakan media edukasi Jadwal
Pelajaran SOGI (Gosok Gigi). Media edukasi Jadwal Pelajaran SOGI merupakan
media yang dikemas dalam bentuk edukatif berupa lembar balik berisi informasi
tentang cara menyikat gigi disertai tempat untuk menuliskan jadwal sekolah.
Tujuan Penelitian Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
pendidikan kesehatan gigi mulut dengan media edukasi Jadwal Pelajaran SOGI
terhadap pengetahuan kesehatan gigi mulut siswa usia 9-10 tahun SDN Ngebel
Gede 1 Sleman Yogyakarta.
Metode Penelitian Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan
rancangan penelitian One Group Pretest Posttest. Penelitian ini di lakukan di
SDN Ngebel Gede I Sleman dengan sampel 37 responden yang didapatkan
dengan cara non randome sampling dengan teknik purposive sampling.
Hasil Penelitian Hasil yang diperoleh dianalisis menggunakan uji Wilcoxon.
Hasil menunjukkan p < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan pengetahuan
sebelum dan sesudah diberikan media edukasi Jadwal Pelajaran SOGI.
Kesimpulan Terdapat pengaruh sebelum dan sesudah menggunakan media
edukasi Jadwal Pelajaran SOGI terhadap pengetahuan siswa usia 9-10 tahun SDN
Ngebel Gede I Sleman Yogyakarta. | en_US |
dc.description.abstract | Background Caries and persistence of teeth are vulnerable in 9-10 years because
the students knowledge about oral and dental health is still low leading to mouth
and tooth problems. Dental and oral health education using SOGI (Gosok Gigi)
needs to be given as an effort to improve the maintenance of oral health. SOGI is
an educational media in the form of a flipchart containing information on how to
brush teeth properly as well as a place to write school schedules.
Objective This research aims to find out the effects of dental and oral health
education using educational media of lesson schedule SOGI on students
knowledge of oral and dental health aged 9-10 years in SDN Ngebel Ngede I
Sleman Yogyakarta.
Research Method This is a quasi-experiment research with one group of pretestposttest
design. This research was done in SDN Ngebel Gede 1 Sleman
Yogyakarta with 37 respondents as the research sample selected through non
random sampling namelu purposive sampling technique.
Result After the analysis using Wilcoxon test, it is found that p < 0,05. It means
that there are a differences on students knowledge before and after given
educational media of lesson schedule SOGI.
Conclusion There are effects before and after using educational media of lesson
schedule SOGI on students knowledge aged 9-10 in SDN Ngebel Gede 1 Sleman
Yogyakarta. | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | dental and oral education, aged 9-10, SOGI (Gosok Gigi) | en_US |
dc.title | PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT MENGGUNAKAN MEDIA EDUKASI JADWAL PELAJARAN SOGI (GOSOK GIGI) TERHADAP PENGETAHUAN SISWA USIA 9-10 TAHUN SDN NGEBEL GEDE I SLEMAN YOGYAKARTA | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
FKIK
189 | en_US |