Show simple item record

dc.contributor.advisorASTUTI, NOVITASARI RATNA
dc.contributor.authorKHARISMA, SUKMA DEWI
dc.date.accessioned2018-10-10T06:09:32Z
dc.date.available2018-10-10T06:09:32Z
dc.date.issued2018-06-04
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/22033
dc.descriptionLatar Belakang Karies dan persistensi rentan terjadi pada usia 9-10 tahun sebab siswa kurang memiliki pengetahuan tentang kesehatan gigi dan mulut. Pendidikan kesehatan mulut dan gigi dapat menggunakan media edukasi Jadwal Pelajaran SOGI (Gosok Gigi). Media edukasi Jadwal Pelajaran SOGI merupakan media yang dikemas dalam bentuk edukatif berupa lembar balik berisi informasi tentang cara menyikat gigi disertai tempat untuk menuliskan jadwal sekolah. Tujuan Penelitian Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan gigi mulut dengan media edukasi Jadwal Pelajaran SOGI terhadap pengetahuan kesehatan gigi mulut siswa usia 9-10 tahun SDN Ngebel Gede 1 Sleman Yogyakarta. Metode Penelitian Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian One Group Pretest Posttest. Penelitian ini di lakukan di SDN Ngebel Gede I Sleman dengan sampel 37 responden yang didapatkan dengan cara non randome sampling dengan teknik purposive sampling. Hasil Penelitian Hasil yang diperoleh dianalisis menggunakan uji Wilcoxon. Hasil menunjukkan p < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan pengetahuan sebelum dan sesudah diberikan media edukasi Jadwal Pelajaran SOGI. Kesimpulan Terdapat pengaruh sebelum dan sesudah menggunakan media edukasi Jadwal Pelajaran SOGI terhadap pengetahuan siswa usia 9-10 tahun SDN Ngebel Gede I Sleman Yogyakarta.en_US
dc.description.abstractBackground Caries and persistence of teeth are vulnerable in 9-10 years because the students knowledge about oral and dental health is still low leading to mouth and tooth problems. Dental and oral health education using SOGI (Gosok Gigi) needs to be given as an effort to improve the maintenance of oral health. SOGI is an educational media in the form of a flipchart containing information on how to brush teeth properly as well as a place to write school schedules. Objective This research aims to find out the effects of dental and oral health education using educational media of lesson schedule SOGI on students knowledge of oral and dental health aged 9-10 years in SDN Ngebel Ngede I Sleman Yogyakarta. Research Method This is a quasi-experiment research with one group of pretestposttest design. This research was done in SDN Ngebel Gede 1 Sleman Yogyakarta with 37 respondents as the research sample selected through non random sampling namelu purposive sampling technique. Result After the analysis using Wilcoxon test, it is found that p < 0,05. It means that there are a differences on students knowledge before and after given educational media of lesson schedule SOGI. Conclusion There are effects before and after using educational media of lesson schedule SOGI on students knowledge aged 9-10 in SDN Ngebel Gede 1 Sleman Yogyakarta.en_US
dc.publisherFAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectdental and oral education, aged 9-10, SOGI (Gosok Gigi)en_US
dc.titlePENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT MENGGUNAKAN MEDIA EDUKASI JADWAL PELAJARAN SOGI (GOSOK GIGI) TERHADAP PENGETAHUAN SISWA USIA 9-10 TAHUN SDN NGEBEL GEDE I SLEMAN YOGYAKARTAen_US
dc.typeThesis SKR FKIK 189en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record