Show simple item record

dc.contributor.advisorIMAN, MARSUDI
dc.contributor.authorNAIM, RAHMAT
dc.date.accessioned2018-10-15T02:03:03Z
dc.date.available2018-10-15T02:03:03Z
dc.date.issued2017-12-07
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/22071
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui pelaksanaan pembelajaran metode Rasyidah di SDIT Kartika Kranggan Temanggung, 2) Mengetahui efektivitas pembelajaran membaca Al-Qur’an dengan metode Rasyidah di SDIT Kartika Kranggan Temanggung, 3) Mengetahui faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam penerapan metode Rasyida di SDIT Kartika Kranggan Temanggung. Penelitian ini bersifat kualitatif dan merupakan penelitian lapangan (field Research). Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Subyek penelitian adalah kepala sekolah, guru pengajar dan peserta didik kelompok kelas 2 berjumlah 35 siswa. Data yang terkumpul dianalisis mengunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Pembelajaran membaca Al-Qur’an dengan metode Rasyidah di SDIT Kartika Kranggan Temanggung dipersiapkan secara terencana dan sistematis. 2) Hasil belajar menunjukan bahwa siswa setelah pelaksanaan pembelajaran membaca Al-Qur’an dengan metode Rasyidah sudah efektif. Hal tersebut diketahui dari hasil pencapaian target kelas yang telah mencapai target pada semester satu, hasil wawancara dengan peserta didik yang menyatakan senang dan mudah dengan metode Rasyidah dan pembelajaran yang telah berjalan dengan perencanaan. 3) Terdapat faktor pendukung di dalam penerapan metode Rasyidah yaitu kemampuan pedagogik guru yang baik, sarana prasarana yang mendukung, komunikasi guru pengampu dengan koordinator yang baik, metode Rasyidah yang mudah dan menyenangkan. Sedangkan faktor penghambat antara lain guru pengajar yang tidak hadir atau izin, kemampuan siswa yang beragam, siswa yang tidak membawa buku pembelajaran dan sarana prasarana yang rusak.en_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui pelaksanaan pembelajaran metode Rasyidah di SDIT Kartika Kranggan Temanggung, 2) Mengetahui efektivitas pembelajaran membaca Al-Qur’an dengan metode Rasyidah di SDIT Kartika Kranggan Temanggung, 3) Mengetahui faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam penerapan metode Rasyida di SDIT Kartika Kranggan Temanggung. Penelitian ini bersifat kualitatif dan merupakan penelitian lapangan (field Research). Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Subyek penelitian adalah kepala sekolah, guru pengajar dan peserta didik kelompok kelas 2 berjumlah 35 siswa. Data yang terkumpul dianalisis mengunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Pembelajaran membaca Al-Qur’an dengan metode Rasyidah di SDIT Kartika Kranggan Temanggung dipersiapkan secara terencana dan sistematis. 2) Hasil belajar menunjukan bahwa siswa setelah pelaksanaan pembelajaran membaca Al-Qur’an dengan metode Rasyidah sudah efektif. Hal tersebut diketahui dari hasil pencapaian target kelas yang telah mencapai target pada semester satu, hasil wawancara dengan peserta didik yang menyatakan senang dan mudah dengan metode Rasyidah dan pembelajaran yang telah berjalan dengan perencanaan. 3) Terdapat faktor pendukung di dalam penerapan metode Rasyidah yaitu kemampuan pedagogik guru yang baik, sarana prasarana yang mendukung, komunikasi guru pengampu dengan koordinator yang baik, metode Rasyidah yang mudah dan menyenangkan. Sedangkan faktor penghambat antara lain guru pengajar yang tidak hadir atau izin, kemampuan siswa yang beragam, siswa yang tidak membawa buku pembelajaran dan sarana prasarana yang rusak.en_US
dc.publisherFAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectEfektivitas, Metode Rasyidah, Pembelajaran Al-Qur’an.en_US
dc.titleEFEKTIVITAS METODE RASYIDAH DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN DI SDIT KARTIKA KRANGGAN TEMANGGUNGen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record