EFEKTIVITAS METODE RASYIDAH DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN DI SDIT KARTIKA KRANGGAN TEMANGGUNG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui pelaksanaan pembelajaran
metode Rasyidah di SDIT Kartika Kranggan Temanggung, 2) Mengetahui
efektivitas pembelajaran membaca Al-Qur’an dengan metode Rasyidah di SDIT
Kartika Kranggan Temanggung, 3) Mengetahui faktor yang menjadi pendukung
dan penghambat dalam penerapan metode Rasyida di SDIT Kartika Kranggan
Temanggung.
Penelitian ini bersifat kualitatif dan merupakan penelitian lapangan
(field Research). Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara,
observasi dan dokumentasi. Subyek penelitian adalah kepala sekolah, guru
pengajar dan peserta didik kelompok kelas 2 berjumlah 35 siswa. Data yang
terkumpul dianalisis mengunakan metode deskriptif kualitatif.
Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Pembelajaran membaca Al-Qur’an
dengan metode Rasyidah di SDIT Kartika Kranggan Temanggung dipersiapkan
secara terencana dan sistematis. 2) Hasil belajar menunjukan bahwa siswa setelah
pelaksanaan pembelajaran membaca Al-Qur’an dengan metode Rasyidah sudah
efektif. Hal tersebut diketahui dari hasil pencapaian target kelas yang telah
mencapai target pada semester satu, hasil wawancara dengan peserta didik yang
menyatakan senang dan mudah dengan metode Rasyidah dan pembelajaran yang
telah berjalan dengan perencanaan. 3) Terdapat faktor pendukung di dalam
penerapan metode Rasyidah yaitu kemampuan pedagogik guru yang baik, sarana
prasarana yang mendukung, komunikasi guru pengampu dengan koordinator yang
baik, metode Rasyidah yang mudah dan menyenangkan. Sedangkan faktor
penghambat antara lain guru pengajar yang tidak hadir atau izin, kemampuan
siswa yang beragam, siswa yang tidak membawa buku pembelajaran dan sarana
prasarana yang rusak.