Show simple item record

dc.contributor.advisorRAHARJO,ARIF BUDI
dc.contributor.authorSARI, DIAN RATNA
dc.date.accessioned2018-10-15T02:53:10Z
dc.date.available2018-10-15T02:53:10Z
dc.date.issued2018
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/22074
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk mengkaji pembelajaran thafidz Al-Qur’an di asrama Baitul Qur’an Dompet Peduli Umat Daarut Tauhiid Yogyakarta, mengetahui pelaksanaan program pembelajaran tahfidz Al-Qur’an, serta menganalisis pencapaian hasil belajar santri setelah mengikuti program tahfidz Al-Qur’an. Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluasi ex post facto dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan desain penelitian ini menggunakan teori stufflebeam dengan menggunakan alur penelitian contect, input, process, product (CIPP). Subjek dalam penelitian ini adalah 17 orang santri. Pada penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan tahapan reduksi, display data, dan menyimpulkan/verifikasi. Penelitian ini memperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) Evaluasi context (konteks) menunjukkan bahwa, dukungan dari asrama terhadap program pembelajaran tahfidz al-Qur’an ini sudah baik. (2) Evaluasi input (masukan) menunjukkan bahwa, asrama tealah mengetahui kemampuan awal para santrinya, hal ini dikarenakan pihak DPU Daruut tauhiid Yogyakarta telah melaksanakan placemen test membaca al-Qur’an pada saat santri mendaftar ke DPU Daruut tauhiid Yogyakarta. (3) Evaluasi process (proses) menunjukkan bahwa, kesesuaian waktu pembelajaran dinilai sudah baik karena berjalan sesuai dengan jadwal yang direncanakan (4) Evaluasi product (hasil) menunjukkan bahwa sebanyak 29% santri yang dapat menyelesaikan target hafalannya dan selebihnya belum dapat mencapai target, oleh karena itu dapat dinyatakan bahwa program tahfidz di asrama Baitul Qur’an DPU Daarut Tauhiid Yogyakarta belum berhasil.en_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengkaji pembelajaran thafidz Al-Qur’an di asrama Baitul Qur’an Dompet Peduli Umat Daarut Tauhiid Yogyakarta, mengetahui pelaksanaan program pembelajaran tahfidz Al-Qur’an, serta menganalisis pencapaian hasil belajar santri setelah mengikuti program tahfidz Al-Qur’an. Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluasi ex post facto dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan desain penelitian ini menggunakan teori stufflebeam dengan menggunakan alur penelitian contect, input, process, product (CIPP). Subjek dalam penelitian ini adalah 17 orang santri. Pada penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan tahapan reduksi, display data, dan menyimpulkan/verifikasi. Penelitian ini memperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) Evaluasi context (konteks) menunjukkan bahwa, dukungan dari asrama terhadap program pembelajaran tahfidz al-Qur’an ini sudah baik. (2) Evaluasi input (masukan) menunjukkan bahwa, asrama tealah mengetahui kemampuan awal para santrinya, hal ini dikarenakan pihak DPU Daruut tauhiid Yogyakarta telah melaksanakan placemen test membaca al-Qur’an pada saat santri mendaftar ke DPU Daruut tauhiid Yogyakarta. (3) Evaluasi process (proses) menunjukkan bahwa, kesesuaian waktu pembelajaran dinilai sudah baik karena berjalan sesuai dengan jadwal yang direncanakan (4) Evaluasi product (hasil) menunjukkan bahwa sebanyak 29% santri yang dapat menyelesaikan target hafalannya dan selebihnya belum dapat mencapai target, oleh karena itu dapat dinyatakan bahwa program tahfidz di asrama Baitul Qur’an DPU Daarut Tauhiid Yogyakarta belum berhasil.en_US
dc.publisherFAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectEvaluasi Program, Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an, Daarut Tauhiiden_US
dc.titleEVALUASI PROGRAM TAHFIDZ AL-QUR’AN DI ASRAMA BAITUL QUR’AN DOMPET PEDULI UMAT DAARUT TAUHIID YOGYAKARTAen_US
dc.typeThesis SKR FAI 110en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record