EVALUASI PROGRAM TAHFIDZ AL-QUR’AN DI ASRAMA BAITUL QUR’AN DOMPET PEDULI UMAT DAARUT TAUHIID YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pembelajaran thafidz Al-Qur’an di
asrama Baitul Qur’an Dompet Peduli Umat Daarut Tauhiid Yogyakarta,
mengetahui pelaksanaan program pembelajaran tahfidz Al-Qur’an, serta
menganalisis pencapaian hasil belajar santri setelah mengikuti program tahfidz
Al-Qur’an.
Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluasi ex post facto dengan
menggunakan pendekatan kualitatif dan desain penelitian ini menggunakan teori
stufflebeam dengan menggunakan alur penelitian contect, input, process, product
(CIPP). Subjek dalam penelitian ini adalah 17 orang santri. Pada penelitian ini
menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Data dianalisis dengan menggunakan tahapan reduksi, display data, dan
menyimpulkan/verifikasi.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) Evaluasi
context (konteks) menunjukkan bahwa, dukungan dari asrama terhadap program
pembelajaran tahfidz al-Qur’an ini sudah baik. (2) Evaluasi input (masukan)
menunjukkan bahwa, asrama tealah mengetahui kemampuan awal para santrinya,
hal ini dikarenakan pihak DPU Daruut tauhiid Yogyakarta telah melaksanakan
placemen test membaca al-Qur’an pada saat santri mendaftar ke DPU Daruut
tauhiid Yogyakarta. (3) Evaluasi process (proses) menunjukkan bahwa,
kesesuaian waktu pembelajaran dinilai sudah baik karena berjalan sesuai dengan
jadwal yang direncanakan (4) Evaluasi product (hasil) menunjukkan bahwa
sebanyak 29% santri yang dapat menyelesaikan target hafalannya dan selebihnya
belum dapat mencapai target, oleh karena itu dapat dinyatakan bahwa program
tahfidz di asrama Baitul Qur’an DPU Daarut Tauhiid Yogyakarta belum berhasil.