Show simple item record

dc.contributor.advisorOCTAVIA, ALFINI
dc.contributor.authorANINDITA, DEA
dc.date.accessioned2018-10-15T06:09:46Z
dc.date.available2018-10-15T06:09:46Z
dc.date.issued2018-08-16
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/22088
dc.descriptiontersebut merupakan kunjungan pertama kali ke dokter gigi yang apabila dibiarkan dapat menyebabkan gangguan pertumbuhan dan berdampak pada kegagalan perawatan gigi. Animasi kartun merupakan salah satu metode menarik dan disukai anak yang dipercaya dapat menurunkan kecemasan dental pada anak. Hal tersebut dapat dimanfaatkan sebagai sarana pembelajaran anak melalui pendekatan tell-show-do. Tujuan penelitian: untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan video animasi pencabutan gigi dengan menggunakan metode tell-show-do terhadap tingkat kecemasan anak usia prasekolah di RSGM UMY. Metode penelitian: Penelitian Quasi Experimental dengan desain non equivalent posttest only control group yang dilakukan pada 16 anak usia prasekolah di RSGM UMY. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Pengukuran kecemasan pada anak menggunakan alat ukur MCDAS. Analisis statistik yang digunakan yaitu Mann Whitney signed rank test. Hasil penelitian: uji Mann Whitney didapatkan p-value 0,011 (<0,05). Hal ini menunjukkan terdapat pengaruh penggunaan viedo animasi pencabutan gigi metode tell-show-do terhadap timgkat kecemasan anak. Kesimpulan: dapat disimpulkan terdapat pengaruh penggunaan video animasi pencabutan gigi metode tell-show-do terhadap tingkat kecemasan anak usia prasekolah di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.en_US
dc.description.abstractthe first time they visit a dentist. It leads to the risk of growth disturbances and impacts on the succesfull of dental care. Cartoon animation is one of the interesting and preferred methods of children, which is believed to reduce dental anxiety for the children. It can be used as a learning tool for children through a tell-show-do approach. Objective: To determine whether there is an influence of the use of animated tooth extraction animated video using the tell-show-do method to the anxiety level of preschool children at RSGM UMY. Research method: This study was a Quasy Experimental research with non equivalent posttest only control group design implemented on 16 preschool children in RSGM UMY. The sampling technique used total sampling. The children anxiety measurement used MCDAS. The statistical analysis used Mann Whitney signed rank test. Result of research: Mann Whitney test showed p-value 0,011 (<0,05) that there was an effect of using animation video tooth extraction of tell-show-do method of children's anxiety. Conclusion: It can be concluded there is influence of the use of dental tell-show-do tooth animation video from the preschoolers anxiety at RSGM UMY.en_US
dc.subjectanxiety, tell-show-do, animation video of tooth extraction.en_US
dc.titlePENGARUH PENGGUNAAN VIDEO ANIMASI PENCABUTAN GIGI METODE TELL-SHOW-DO TERHADAP TINGKAT KECEMASAN ANAK USIA PRASEKOLAH DI RUMAH SAKIT GIGI DAN MULUT UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.typeThesis SKR FKIK 282en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record