Show simple item record

dc.contributor.advisor
dc.contributor.advisorSARI, SOVIA SITTA
dc.contributor.authorSUGIHARTO, HARRIS
dc.date.accessioned2018-10-15T06:29:41Z
dc.date.available2018-10-15T06:29:41Z
dc.date.issued2018-04-25
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/22093
dc.descriptionPenelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan strategi komunikasi Lembaga Ombudsman Daerah Istimewa Yogyakarta (LO DIY) dalam sosialisasi fungsi kelembagaannya 2017. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Dalam upaya pengumpulan data yang relevan peneliti menggunakan metode seperti wawancara / indepth interviews dan pengumpulan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa (1) Strategi komunikasi yang dilakukan oleh Lembaga Ombudsman Daerah Istimewa Yogyakarta (LO DIY) dalam pelaksanaan sosialisasi mengarah kepada badan instansi terkait pemerintah maupun swasta dan masyarakat khususnya Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Dalam penerapannya, strategi komunikasi untuk menginformasikan fungsi kelembagaan LO DIY meliputi tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. (2) LO DIY melakukan audiensi dan kerjasama terhadap intansi terkait lainnya baik pemerintah maupun swasta. Hal ini dapat menjalin kemitraan yang baik guna mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih serta tata kelola swasta yang beretika dan berkelanjutan khususnya di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). (3) Faktor penghambat terdapat pada anggaran Lembaga Ombudsman Daerah Istimewa Yogyakarta (LO DIY) yang satu-satunya hanya bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Dalam perjalanannya Bidang Sosialisasi, Kerjasama dan Penguatan Jaringan (SKPJ) LO DIY terhambat dengan anggaran dari Pemerintah daerah DIY yang dianggap masih belum bisa menutup semua kebutuhan sosialisasi, walaupun mendapatkan bantuan anggaran dari jejaring lembaga atau instansi terkait yang bekerjasama dengan LO DIY, hal tersebut masih belum mampu memenuhi anggaran sosialisasi yang dibutuhkan secara maksimal.en_US
dc.description.abstractPenelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan strategi komunikasi Lembaga Ombudsman Daerah Istimewa Yogyakarta (LO DIY) dalam sosialisasi fungsi kelembagaannya 2017. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Dalam upaya pengumpulan data yang relevan peneliti menggunakan metode seperti wawancara / indepth interviews dan pengumpulan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa (1) Strategi komunikasi yang dilakukan oleh Lembaga Ombudsman Daerah Istimewa Yogyakarta (LO DIY) dalam pelaksanaan sosialisasi mengarah kepada badan instansi terkait pemerintah maupun swasta dan masyarakat khususnya Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Dalam penerapannya, strategi komunikasi untuk menginformasikan fungsi kelembagaan LO DIY meliputi tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. (2) LO DIY melakukan audiensi dan kerjasama terhadap intansi terkait lainnya baik pemerintah maupun swasta. Hal ini dapat menjalin kemitraan yang baik guna mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih serta tata kelola swasta yang beretika dan berkelanjutan khususnya di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). (3) Faktor penghambat terdapat pada anggaran Lembaga Ombudsman Daerah Istimewa Yogyakarta (LO DIY) yang satu-satunya hanya bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Dalam perjalanannya Bidang Sosialisasi, Kerjasama dan Penguatan Jaringan (SKPJ) LO DIY terhambat dengan anggaran dari Pemerintah daerah DIY yang dianggap masih belum bisa menutup semua kebutuhan sosialisasi, walaupun mendapatkan bantuan anggaran dari jejaring lembaga atau instansi terkait yang bekerjasama dengan LO DIY, hal tersebut masih belum mampu memenuhi anggaran sosialisasi yang dibutuhkan secara maksimal.en_US
dc.publisherFAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectStrategi Komunikasi, Sosialisasi, Fungsi Kelembagaanen_US
dc.titleSTRATEGI KOMUNIKASI LEMBAGA OMBUDSMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (LO DIY) DALAM SOSIALISASI FUNGSI KELEMBAGAANNYA 2017en_US
dc.typeThesis SKR FISIP 110en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record