dc.contributor.advisor | SETYAWATI, ANY | |
dc.contributor.author | RAMADANI, NUVIRA CILI | |
dc.date.accessioned | 2018-10-15T06:40:22Z | |
dc.date.available | 2018-10-15T06:40:22Z | |
dc.date.issued | 2018-08-15 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/22096 | |
dc.description | Latar Belakang: Perawatan saluran akar tunggal membutuhkan waktu yang lama
dan berulang-ulang sehingga dapat mempengaruhi kepuasan dari penggunaan
jasa, hal tersebut dapat dinilai dari beberapa faktor, yaitu : bukti langsung
(tangibility), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), keandalan
(realibility), empati (Emphaty).
Tujuan: Mengetahui faktor yang mempengaruhi tingkat kepuasan pasien
terhadap kualitas pelayanan perawatan saluran akar di RSGMP UMY pada tahun
2016-2018
Metode: Jenis penelitian yang digunakan adalah adalah penelitian observasional
dengan pendekatan cross sectional yang bersifat deskriptif non-analitik. Simple
random sampling digunakan untuk pengambilan sampling secara acak sebanyak
52 responden yang sedang melakukan perawatan saluran akar tunggal di RSGM
UMY dengan cara memberikan kuisioner secara langsung dan online.
Hasil: Berdasarkan hasil didapatkan 57,14% pasien merasakan puas 36,08%
pasien merasakan sangat puas, 6% kurang puas, 0,55% merasa tidak puas dan
0,37% pasien merasa sangat tidak puas pada kemampuan dokter gigi muda dan
dimensi yang perlu ditingkatkan adalah realibility.
Kesimpulan: Secara keseluruhan pasien merasakan puas terhadap perawatan
saluran akar tunggal yang dilakukan dokter gigi muda. | en_US |
dc.description.abstract | Background: Single root canal treatment requires continuous and longer period
of time, thus the treatment satisfaction of patients can be affected. It can be
influenced by several factors, such as: tangibility, responsiveness, assurance,
reliability, and empathy.
Objective: To determine the factors that affect treatment satisfaction of patients
towards single root canal treatment quality in RSGMP UMY in the year of 2016-
2018.
Method: The type of research used is observational research with cross sectional
approach that is descriptive non-analytic. Simple random sampling was used for
sampling which was taken randomly for 52 respondents who are undergoing
single root canal treatment in RSGMP UMY by fill out an online questionnaire
directly.
Result: Based on the result, it is obtained that 57.14% are satisfied, 36.08% are
very satisfied, 6% less satisfied, 0.55% dissatisfied, 0.37% very dissatisfied with
the ability of the clinical students performance. The factor that should be
improved is reliability.
Conclusion: Overall the patients were satisfied with single root canal treatment
that performed by the clinical students | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | Patient statisfaction, Single root canal treatment, RSGM UMY | en_US |
dc.title | GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN PERAWATAN SALURAN AKAR TUNGGAL DI RSGM UMY TAHUN 2016 - 2018 | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
FKIK
191 | en_US |