Show simple item record

dc.contributor.advisorSETYAWATI, ANY
dc.contributor.authorRAMADANI, NUVIRA CILI
dc.date.accessioned2018-10-15T06:40:22Z
dc.date.available2018-10-15T06:40:22Z
dc.date.issued2018-08-15
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/22096
dc.descriptionLatar Belakang: Perawatan saluran akar tunggal membutuhkan waktu yang lama dan berulang-ulang sehingga dapat mempengaruhi kepuasan dari penggunaan jasa, hal tersebut dapat dinilai dari beberapa faktor, yaitu : bukti langsung (tangibility), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), keandalan (realibility), empati (Emphaty). Tujuan: Mengetahui faktor yang mempengaruhi tingkat kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan perawatan saluran akar di RSGMP UMY pada tahun 2016-2018 Metode: Jenis penelitian yang digunakan adalah adalah penelitian observasional dengan pendekatan cross sectional yang bersifat deskriptif non-analitik. Simple random sampling digunakan untuk pengambilan sampling secara acak sebanyak 52 responden yang sedang melakukan perawatan saluran akar tunggal di RSGM UMY dengan cara memberikan kuisioner secara langsung dan online. Hasil: Berdasarkan hasil didapatkan 57,14% pasien merasakan puas 36,08% pasien merasakan sangat puas, 6% kurang puas, 0,55% merasa tidak puas dan 0,37% pasien merasa sangat tidak puas pada kemampuan dokter gigi muda dan dimensi yang perlu ditingkatkan adalah realibility. Kesimpulan: Secara keseluruhan pasien merasakan puas terhadap perawatan saluran akar tunggal yang dilakukan dokter gigi muda.en_US
dc.description.abstractBackground: Single root canal treatment requires continuous and longer period of time, thus the treatment satisfaction of patients can be affected. It can be influenced by several factors, such as: tangibility, responsiveness, assurance, reliability, and empathy. Objective: To determine the factors that affect treatment satisfaction of patients towards single root canal treatment quality in RSGMP UMY in the year of 2016- 2018. Method: The type of research used is observational research with cross sectional approach that is descriptive non-analytic. Simple random sampling was used for sampling which was taken randomly for 52 respondents who are undergoing single root canal treatment in RSGMP UMY by fill out an online questionnaire directly. Result: Based on the result, it is obtained that 57.14% are satisfied, 36.08% are very satisfied, 6% less satisfied, 0.55% dissatisfied, 0.37% very dissatisfied with the ability of the clinical students performance. The factor that should be improved is reliability. Conclusion: Overall the patients were satisfied with single root canal treatment that performed by the clinical studentsen_US
dc.publisherFAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectPatient statisfaction, Single root canal treatment, RSGM UMYen_US
dc.titleGAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN PERAWATAN SALURAN AKAR TUNGGAL DI RSGM UMY TAHUN 2016 - 2018en_US
dc.typeThesis SKR FKIK 191en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record