dc.contributor.advisor | MARTIANA, ANDRI | |
dc.contributor.author | TRIA, TRIA | |
dc.date.accessioned | 2018-10-18T01:17:56Z | |
dc.date.available | 2018-10-18T01:17:56Z | |
dc.date.issued | 2018-08-24 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/22228 | |
dc.description | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor emosional, motivasi
individu, sosial yang mempengaruhi minat pegawai universitas muhammadiyah
yogyakarta dalam memilih pembiayaan murabahah pada islamic microfinance di
(BMT UMY) serta mengetahui pengaruh emosional, motivasi individu, sosial
terhadap pembiyaan murabahah di BMT UMY.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan objek penelitian
BMT UMY. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang didistribusikan kepada
pegawai universitas muhammadiyah yogyakarta (nasabah) yang menggunakan
produk pembiayaan murabahah pada islamic microfinance (BMT UMY).
Responden yang dilibatkan dalam penelitian ini sebanyak 80 responden yang
dikategori nasabah universitas muhammadiyah yogyakarta yang masih aktif
mengangsur dalam pembiayaan murabahah pada islamic microfinance (BMT
UMY). Alat analisis yang digunakan adalah software SmartPLS 3.0.
Hasil penelitian ini menunjukan adanya pengaruh positif signifikan antara
emosional dan motivasi individu terhadap minat pembiyaan murabahah. Hal ini
dikarenakan faktor emosional dan motivasi individu salah satu bagian penting
pendorong pegawai universitas muhammadiyah yogyakarta dalam memilih
pembiayaan murabahah pada islamic microfinance. Ketertarikan dari individu dan
emosional cenderungan membuat nasabah bergerak dan bertindak untuk mencapai
segala kebutuhannya. Sedang kan sosial tidak berpengaruh secara positif
signifikan terhadap minat nasabah. Hal ini dikarenakan sosial tidak temaksud
pendorong utama sesorang melakukan suatu hal. | en_US |
dc.description.abstract | This study aims to determine emotional factors, individual motivation, social
influences on the interest of employees of the University of Muhammadiyah
Yogyakarta in choosing murabahah financing for Islamic microfinance (BMT
UMY) and knowing the emotional, individual, social motivation of murabahah
financing in BMT UMY.
This type of research is quantitative research with the object of research BMT
UMY. Data were collected through questionnaires distributed to Muhammadiyah
University of Yogyakarta employees (customers) who used murabahah financing
products in Islamic microfinance (BMT UMY). Respondents who were included in
this study were 80 respondents categorized as customers of Muhammadiyah
University of Yogyakarta who were still actively paying in murabahah financing
on Islamic microfinance (BMT UMY). The analytical tool used is SmartPLS 3.0
software.
The results of this study indicate a significant positive influence between
emotional and individual motivation on interest in murabahah financing. This is
due to emotional factors and individual motivation, one of the important parts
driving the Muhammadiyah University of Yogyakarta employees in choosing
murabahah financing for Islamic microfinance (BMT UMY). Interest in
individuals and emotions tends to make customers move and act to achieve all
their needs. While social does not have a significant positive effect on customer
interest. This is because social does not mean the main driver of someone doing
something. | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | emotional factors, individual motivation, social, interest in financing murabahah. | en_US |
dc.title | PENGARUH FAKTOR EMOSIONAL, MOTIVASI INDIVIDU, DAN SOSIAL TERHADAP MINAT PEGAWAI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA DALAM MEMILIH PEMBIAYAAN MURABAHAH PADA ISLAMIC MICROFINANCE | en_US |
dc.title.alternative | Studi Kasus BMT UMY | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
FAI
313 | en_US |