Show simple item record

dc.contributor.authorPRIMADIATI, RATRI
dc.date.accessioned2018-10-18T03:37:10Z
dc.date.available2018-10-18T03:37:10Z
dc.date.issued2018
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/22269
dc.descriptionLatar belakang: Pemasangan kateter urin adalah penyebab paling sering dari ditemukannya bakteriuria. Risiko bakteriuria pada kateter diperkirakan 5% hingga 10% per hari. ISK merupakan penyebab terjadinya >30% dari seluruh infeksi nosokomial. Sedikitnya 80% dari ISK disebabkan oleh prosedur invasif atau peralatan saluran kemih biasanya berupa kateterisasi. Tingkat pengetahuan dan pemahaman masing-masing perawat berbeda-beda, hal tersebut menjadi faktor penyebab kualitas pemasangan kateter urin. Tujuan: Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menganalisis perbedaan pengetahuan perawat dalam tugasnya pemasangan kateter urin sebelum dan sesudah diberikan pelatihan. Metode: Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen menggunakan metode kuantitatif pendekatan rancangan penelitian one group pretest-posttest design. Total populasi dalam penelitian ini sebanyak 186 perawat dan sampel 52 orang, dengan teknik pengumpulan sampel Simple Random Sampling. Analisis data univariat dan bivariat dengan menggunakan analisis paired t test. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan perawat tentang pemasangan kateter urin sebelum dilakukan pelatihan sebagian besar dengan kategori cukup sebanyak 36 responden (69,2%). Pengetahuan perawat tentang pemasangan kateter urin sesudah dilakukan pelatihan sebagian besar dengan kategori baik sebanyak 42 responden (80,8%). Hasil dari Wilcoxon Test menunjukkan angka 0,000 (<0,05). Kesimpulan: Ada perbedaan pengetahuan perawat dalam pemasangan kateter urin sebelum dan sesudah pelatihan di RS PKU Muhammadiyah Bantul. Kata Kunci: pelatihan, pemasangan kateter urin, pengetahuan perawaten_US
dc.description.abstractBackground: Urinary catheter insertion is the most common cause of bacteriuria. The risk of bacteriuria in the catheter is estimated at 5% to 10% per day. UTI is the cause of >30% of all nosocomial infections. At least 80% of UTIs by invasive procedures or urinary tract equipment are usually catheterized. Knowledge level of each nurse is different, it is a factor causing of urinary catheter installationquality. Objective: This study purpose was to analyze installing urinary catheters knowledge before and after training. Methods: This research is an quasi experimental study that used a quantitative method (one group pretest-posttest design). The total population was 186 nurses and a sample of 52 people, with Simple Random Sampling technique. Univariate and bivariate data analysis using paired t test analysis. Results: The results showed that the knowledge of urinary catheter insertion prior to training was mostly in enough category of 36 respondents (69,2%). Nurses’ knowledge about urinary catheter placement during training was mostly in the good category with 42 respondents (80,8%). The Wilcoxon Test results were 0.000<0.05. Conclusion: There is a difference in urinary catheters insertion knowledge before and after training at PKU Muhammadiyah Bantul Hospital. Keyword : Training, urinary catheter insertion, nurse knowledgeen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherMMR UMYen_US
dc.subjectTrainingen_US
dc.subjecturinary catheter insertionen_US
dc.subjectnurse knowledgeen_US
dc.titlePELATIHAN PEMASANGAN KATETER URIN DALAM PENINGKATAN PENGETAHUAN PERAWAT DI RS PKU MUHAMMADIYAH BANTULen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record