dc.description | Latar Belakang: Pengukuran kinerja perlu dilakukan, tidak hanya
dengan menilai pencapaian tujuan, tetapi juga dengan menilai apakah proses
telah berjalan secara optimal. Salah satu alat ukur yang dapat digunakan
untuk menilai proses kinerja adalah Key Behavioral Indicators. Penelitian ini
bertujuan untuk menilai kinerja karyawan puskesmas menggunakan Key
Behavioral Indicators.
Metode: Penelitian menggunakan desain survei cross sectional.
Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada 40
karyawan puskesmas sebagai responden. Analisis data menggunakan metode
deskriptif yang dilanjutkan dengan uji regresi linear berganda antara
karakteristik responden dengan kinerja karyawan.
Hasil dan Pembahasan: Rata-rata nilai kinerja karyawan adalah
3,95. Pada uji F simultan, nilai F hitung 0,2454 dengan sig 0,053(p>0,05).
Pada uji t parsial didapatkan nilai signifikansi jenis kelamin, usia, profesi,
dan masa kerja >0,05, sedangkan variabel pendidikan memiliki t hitung 3,139
dengan signifikansi 0,003 (p<0,05).
Kesimpulan: Penilaian kinerja karyawan telah memenuhi ekspektasi.
Jenis kelamin, usia, pendidikan, profesi, dan masa kerja tidak berpengaruh
secara simultan terhadap kinerja. Pendidikan secara parsial berpengaruh
signifikan terhadap kinerja karyawan.
Kata Kunci: Pengukuran kinerja, alat ukur Key Behavioral Indicators. | en_US |
dc.description.abstract | Background: Performance measurement needs to be done, not only
by assessing the results,but also by assessing whether process is running
optimally. One of the measuring tools that can be used to assess the
performance process is Key Behavioral Indicators. This study aimed to
measure the performance of community health center employees using Key
Behavioral Indicators.
Method: This research used cross sectional survey design. The data
were collected through questionnaire distributed to 40 employees of
community health center as respondents. Data were analyzed using
descriptive method which followed by multiple linear regression test.
Result and Discussion: The mean value of employee performance is
3.95. From the simultaneous F test, the value of F count is 0.245 with sig.
0.053 (p>0.05). From the partial t test obtained the significance value of
gender, age, profession, and work period is >0.05, while the level of
education variable is 3.139 with sig. 0.003 (p<0.05).
Conclusions: The level of employee performance has met the
expectations. Gender, age, education, profession, and work period do not
have a simultaneous effect on performance. Education partially has a
significant effect on employee performance.
Keywords: Performance measurement, Key Behavioral Indicators measuring
tool. | en_US |