Show simple item record

dc.contributor.advisorSYAMSUDIN, SYAMSUDIN
dc.contributor.authorMARDHIYAH, FATHINATUN
dc.date.accessioned2018-10-19T03:08:00Z
dc.date.available2018-10-19T03:08:00Z
dc.date.issued2018-08-23
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/22338
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perceraian orang tua terhadap prestasi Pendidikan Agama Islam Anak di SMA Muhammadiyah 6 Yogyakarta. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk membuktikan apakah ada pengaruh antara perceraian orang tua dengan prestasi Pendidikan Agama Islam siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik purposif sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan kuisioner dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan analisis dekriptif dan pengujian hipotesis menggunakan regresi sederhana (uji-t). Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Pengaruh perceraian orang tua terhadap siswa SMA Muhammadiyah 6 Yogyakarta cenderung berdampak pada lingkungan sekolah dan pembelajaran yaitu sebesar 35% yaitu berjumlah 9 siswa. (2) Prestasi Pendidikan Agama Islam siswa SMA Muhammadiyah 6 Yogyakarta cenderung tinggi yaitu 50% atau sebanyak 11 siswa. (3) Besarnya sig pada variabel perceraian adalah sebesar 0,008 dan thitung pada variabel perceraian adalah sebesar 2,949 dengan begitu dapat diartikan bahwa sig < 0,05 dan thitung > ttabel. sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara perceraian dan prestasi belajar dengan koefisien determinasi sebesar 8,5% artinya terdapat 91,5% prestasi belajar siswa SMA Muhammadiyah 6 Yogyakarta yang orangtuanya bercerai dipengaruhi oleh faktor lain.en_US
dc.description.abstractThis research aims to find out the effects of parental divorce toward students’ achievement in Islamic education at SMA (Senior High School) Muhammadiyah 6 Yogyakarta. In addition, this study also aims to prove whether there is a correlation between the divorce of parents and the achievements of students in Islamic education. This research carried out quantitative method with descriptive quantitative approach. Purposive random sampling was used as the sampling technique. The data of the research were collected from questionnaires and documentation. Then the obtained data were analyzed using descriptive analysis and the hypothesis testing was done using simple regression (T-test). The results of the study are as follows: (1) The effect of parental divorce on the students of SMA Muhammadiyah 6 Yogyakarta tends to have an impact on the school environment and learning that is equal to 35% or 9 students. (2) The students’ achievement at SMA Muhammadiyah 6 Yogyakarta in learning Islamic education tends to be high that is equal to 50% or 11 students. (3) The amount of sig in the divorce variable is equal to 0.008 and t valueon the divorce variable is 2, 949, so it can be concluded that sig <0, 05 and t value> t table. It is proven that there is a significant effect between parental divorce and learning achievement with coefficient of dissemination of 8, 5%. It means that there are 91, 5 % students' achievement atSMA Muhammadiyah 6 Yogyakarta whose parents divorced are influenced by other factors.en_US
dc.publisherFAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectEffects, Parental divorce, Learning Achievementen_US
dc.titlePENGARUH PERCERAIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ANAKen_US
dc.title.alternativeStudi Kasus Di Sma Muhammadiyah 6 Yogyakartaen_US
dc.typeThesis SKR FAI 230en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record