Show simple item record

dc.contributor.authorTASALIM, RIAN
dc.date.accessioned2018-10-19T03:37:18Z
dc.date.available2018-10-19T03:37:18Z
dc.date.issued2018
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/22348
dc.descriptionLatar Belakang: Layanan bimbingan akademik merupakan salah satu program penting dari bidang akademik dan kemahasiswaan di sebuah institusi pendidikan tinggi. Keberhasilan dari program layanan ini sangat bergantung pada sikap caring yang diberikan oleh dosen pembimbing akademik kepada mahasiswa bimbingannya. Melalui program layanan ini dosen pembimbing akademik dapat melakukan pengkajian dan identifikasi masalah, merumuskan intervensi serta memberikan solusi guna penyelesaian masalah yang dihadapi oleh mahasiswa, selain itu tujuan dari program ini adalah membantu mahasiswa untuk dapat lulus tepat waktu. Untuk dapat mengukur pemberian layanan tersebut maka perlunya dilakukan pembuatan instrumen layanan dengan pendekatan caring. Metode: Penelitian ini merupakan bagian dari penelitian mixed metod yaitu dari tahapan penelitian kualitatif pada tahap pengembangan dan uji validitas instrumen. Dalam penelitian ini uji validitas instrumen melibatkan penilaian oleh pakar, jumlah pakar yang dilibatkan dalam penelitian ini yaitu sebanyak 2 orang.Hasil: Dari 24 item pertanyaan, terdapat sebanyak 22 item pertanyaan yang valid dengan nilai i-CVI lebih dari 0.78 dan nilai mean i-CVI berhubungan dengan relevansi, kejelasan, kesederhanaan dan ambiguitas kalimat yaitu sebesar 0.96. Kesimpulan: Instrumen layanan bimbingan akademik menggunakan pendekatan caring berdasarkan 10 faktor caratif dengan 22 item pertanyaan telah valid, Instrumen dapat diuji cobakan untuk dapat melihat reliabilitasnya. Kata Kunci : Pengembangan instrumen, Bimbingan akademik, Caringen_US
dc.description.abstractBackground: Academic counseling services are one of the important programs from the academic and student fields in a higher education institution. The success of this service program relies heavily on the attitude of caring given by the academic supervisor to the student's guidance. Through this service program academic advisor can conduct assessment and identification of problems, formulate interventions and provide solutions to solve problems faced by students, besides the purpose of this program is to help students to graduate on time. To be able to measure the provision of services, it is necessary to make a service instrument with the caring approach. Method: This research is part of mixed method research, namely from the stages of qualitative research at the development stage and testing instrument validity. In this study the validity of the instrument involved the assessment by experts, the number of experts involved in this study were as many as 2 people. Results: Of the 24 question items, there were 22 valid question items with i-CVI values of more than 0.78 and the mean value of i-CVI related to relevance, clarity, simplicity and ambiguity of the sentence that is equal to 0.96. Conclusion: The instrument of academic counseling services uses a caring approach based on 10 carative factors with 22 question items valid, the instrument can be tested to be able to see its reliability. Keywords: Instrument Development, Academic Counseling, Caringen_US
dc.publisherMKEP UMYen_US
dc.subjectInstrument Development,en_US
dc.subjectAcademic Counselingen_US
dc.subjectCaringen_US
dc.titlePENGEMBANGAN INSTRUMEN PELAYANAN BIMBINGAN AKADEMIK DENGAN PENDEKATAN CARINGen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record