Show simple item record

dc.contributor.authorSRIWIDODO, DODDY HARYO
dc.date.accessioned2018-10-22T06:26:21Z
dc.date.available2018-10-22T06:26:21Z
dc.date.issued2018
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/22438
dc.descriptionIndustri di bidang penyedia jasa pelatihan (training provider) merupakan salah satu industri di Yogyakarta yang terus mengalami pertumbuhan dari tahun ke tahun. Sebagaimana perusahaan jasa pada umumnya, persaingan di dalam industri ini merupakan sesuatu yang tidak dapat dihindari oleh para pelaku bisnisnya. Dalam upaya menghadapi persaingan tersebut, perusahaan perlu menetapkan strategi agar mampu bertahan dan mempertahankan pelanggannya. Banyak strategi bisnis yang dapat diambil oleh manajemen perusahaan penyedia jasa pelatihan, diantaranya adalah strategi penetapan standar kompetensi bagi tenaga penjual (salesperson) dan kebijakan yang mengarahkan para salesperson tersebut untuk senantiasa berorientasi pada pelanggan. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui pengaruh salesperson competencies dan orientasi pada pelanggan terhadap salesperson performance pada perusahaan penyedia jasa pelatihan di Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jumlah responden 98 salesperson yang diambil dari 20 perusahaan penyedia jasa pelatihan di Yogyakarta. Data diperoleh melalui instrument berupa kuesioner yang diolah dengan alat analisis SPSS. Hasil penlitian menunjukkan bahwa variabel salesperson competencies dan orientasi pada pelanggan memiliki pengaruh positif terhadap kinerja salesperson competencies. Saran untuk perusahaan penyedia jasa pelatihan agar lebih meningkatkan perhatian pada persoalan kompetensi salesperson dan mendorong salesperson untuk berorientasi pada pelanggan sehingga kinerja penjualan dapat ditingkatkan. Kata Kunci: salesperson, orientasi pelanggan, salesperson performanceen_US
dc.description.abstractThe training service provider industries are one of the industries in Yogyakarta that continues to growth from year to year. As with service companies in general, competition in this industry is something that cannot be avoided by business people. In an effort to face this competition, companies need to set a strategy to be able to survive and retain customers. Many strategies can be taken by the management of training provider company management, including the strategy to determine the competency standards of marketers and the policies that direct the marketers to always be customer oriented. This study is intended to determine the influence of salesperson’s competency and customer orientation on the performance of salespersons in training service providers in Yogyakarta. The study uses a quantitative approach, with 98 respondents of marketers taken from 20 training service providers in Yogyakarta. Data were obtained through instruments in the form of questionnaires with SPSS analysis tools. The results of the research show that the salesperson's competency and customer orientation have a positive influence on the performance of the marketing force. Suggestions for training service providers to increase attention to the competencies of salespersons and orientation to customers so that marketing performance can be improved. Keywords: Salesperson Competencies, Customer’s Orientations, Salesperson’s performanceen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherMM UMYen_US
dc.subjectSalesperson Competenciesen_US
dc.subjectCustomer’s Orientationsen_US
dc.subjectSalesperson’s performanceen_US
dc.titlePENGARUH SALESPERSON COMPETENCIES DAN ORIENTASI PELANGGAN TERHADAP SALESPERSON PERFORMANCE PADA PERUSAHAAN TRAINING PROVIDER DI YOGYAKARTAen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record