dc.contributor.advisor | P. ROSYIDI, SRI ATMAJA | |
dc.contributor.advisor | SETIAWAN, DIAN | |
dc.contributor.author | M.ALIM, ROBBY RAHMAAN | |
dc.date.accessioned | 2018-10-23T03:55:11Z | |
dc.date.available | 2018-10-23T03:55:11Z | |
dc.date.issued | 2018-09-20 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/22485 | |
dc.description | Penggunaan karet bekas kendaraan sebagai bahan campuran pada lapisan
balas merupakan salah satu cara yang digunakan untuk meningkatkan kualitas baik
dari segi umur layanan serta mengurangi biaya pemeliharaan dari lapisan balas
tersebut. Berdasarkan latar belakang tersebut diharapkan pemanfaatan karet bekas
dapat mengurangi permasalahan pada lapisan balas. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengkaji karakteristik dari campuran balas dengan karet bekas melalui
beberapa parameter seperti nilai deformasi vertikal, modulus elastisitas, dan abrasi.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis uji tekan dengan
persentase karet sebanyak 10% dari berat total benda uji, sedangkan untuk benda
uji yang digunakan terdiri dari balas tanpa modifikasi (sampel 1), balas dengan
karet bergradasi (sampel 2), dan balas dengan karet berukuran
(sampel 3). Hasil menunjukkan bahwa nilai deformasi vertikal terkecil terjadi pada
sampel 1 sebesar 5 mm pada beban 413,46 kPa. Selanjutnya nilai modulus
elastisitas tertinggi terjadi pada sampel 1 sebesar 26,50 MPa. Nilai abrasi yang
terkecil terdapat pada sampel 2 sebesar 36,2 gram (0,72%). | en_US |
dc.description.abstract | The scrap rubber could be used as an elastic material in the ballast layer in
order to improve the service life and reduce the maintenance costs. The purpose of
this study is to examine the characteristics of the ballast layer through several
parameters such as vertical deformation, elastic modulus, and abrasion. The
compressive test was used as a method in this study with scrap rubber by 10% of
the total sample weight. Furthermore, there were three samples, unmodified ballast
(sample 1), ballast with graded scrap rubber (sample 2), and ballast with uniformed
size scrap rubber (sample 3). The results showed that the sample 1 was able to retain
the highest load (413,46 kPa) for the same amount of vertical deformation (5 mm).
Furthermore, sample 1 has the highest modulus of elasticity of 26,50 MPa. Besides,
the smallest abrasion value was occurred in sample 2 by 36.2 grams (0.72%). | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | abrasion, ballast, elastic modulus, vertical deformation | en_US |
dc.title | PENGARUH PENGGUNAAN KARET BEKAS BERGRADASI TERHADAP MODULUS ELASTISITAS DAN ABRASI LAPISAN BALAS | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
F T
609 | en_US |