Show simple item record

dc.contributor.advisorP. ROSYIDI, SRI ATMAJA
dc.contributor.advisorSETIAWAN, DIAN
dc.contributor.authorM.ALIM, ROBBY RAHMAAN
dc.date.accessioned2018-10-23T03:55:11Z
dc.date.available2018-10-23T03:55:11Z
dc.date.issued2018-09-20
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/22485
dc.descriptionPenggunaan karet bekas kendaraan sebagai bahan campuran pada lapisan balas merupakan salah satu cara yang digunakan untuk meningkatkan kualitas baik dari segi umur layanan serta mengurangi biaya pemeliharaan dari lapisan balas tersebut. Berdasarkan latar belakang tersebut diharapkan pemanfaatan karet bekas dapat mengurangi permasalahan pada lapisan balas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji karakteristik dari campuran balas dengan karet bekas melalui beberapa parameter seperti nilai deformasi vertikal, modulus elastisitas, dan abrasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis uji tekan dengan persentase karet sebanyak 10% dari berat total benda uji, sedangkan untuk benda uji yang digunakan terdiri dari balas tanpa modifikasi (sampel 1), balas dengan karet bergradasi (sampel 2), dan balas dengan karet berukuran (sampel 3). Hasil menunjukkan bahwa nilai deformasi vertikal terkecil terjadi pada sampel 1 sebesar 5 mm pada beban 413,46 kPa. Selanjutnya nilai modulus elastisitas tertinggi terjadi pada sampel 1 sebesar 26,50 MPa. Nilai abrasi yang terkecil terdapat pada sampel 2 sebesar 36,2 gram (0,72%).en_US
dc.description.abstractThe scrap rubber could be used as an elastic material in the ballast layer in order to improve the service life and reduce the maintenance costs. The purpose of this study is to examine the characteristics of the ballast layer through several parameters such as vertical deformation, elastic modulus, and abrasion. The compressive test was used as a method in this study with scrap rubber by 10% of the total sample weight. Furthermore, there were three samples, unmodified ballast (sample 1), ballast with graded scrap rubber (sample 2), and ballast with uniformed size scrap rubber (sample 3). The results showed that the sample 1 was able to retain the highest load (413,46 kPa) for the same amount of vertical deformation (5 mm). Furthermore, sample 1 has the highest modulus of elasticity of 26,50 MPa. Besides, the smallest abrasion value was occurred in sample 2 by 36.2 grams (0.72%).en_US
dc.publisherFAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectabrasion, ballast, elastic modulus, vertical deformationen_US
dc.titlePENGARUH PENGGUNAAN KARET BEKAS BERGRADASI TERHADAP MODULUS ELASTISITAS DAN ABRASI LAPISAN BALASen_US
dc.typeThesis SKR F T 609en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record