Show simple item record

dc.contributor.advisorROSYIDI, SRI ATMAJA P
dc.contributor.authorULFAH, NAHRIYAH
dc.date.accessioned2018-10-23T05:58:19Z
dc.date.available2018-10-23T05:58:19Z
dc.date.issued2018-09-07
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/22500
dc.descriptionStudi ini bertujuan untuk mengidentifikasi potensi kerawanan pada jalur kereta api akibat bencana alam. Penelitian ini mengambil fokus pada identifikasi multi-rawan bencana pada jalur kereta api Yogyakarta-Cilacap. Teknik analisis multi-rawan bencana yaitu dengan pemetaan sistem informasi geografis menggunakan software ArcGIS. Penilaian multi-rawan bencana berdasarkan skoring dan pembobotan terhadap variabel-variabel yang berpengaruh terhadap potensi terjadinya bencana alam. Multi-rawan bencana memiliki 3 (tiga) tingkat kelas kerawanan yang meliputi kelas kerawanan rendah, kelas kerawanan sedang dan kelas kerawanan tinggi. Potensi multi-rawan bencana diperoleh dari sumber data berupa bentuk lahan, peta kawasan rawan bencana, data sungai, data kontur, dan data geologi. Dari hasil penelitian ini ditunjukkan bahwa terdapat beberapa ancaman bencana alam yang berpotensi terjadi pada jalur kereta api Yogyakarta- Cilacap yaitu longsor, banjir, gempa bumi, gunung api dan amblesan. Berdasarkan pemetaan multi-rawan bencana yang dihasilkan jalur kereta api Yogyakarta- Cilacap memiliki tingkat kerawanan tinggi 26%, kerawanan sedang 16% dan kerawanan rendah 59% terhadap luas peta jalur kereta api dari Yogyakarta ke Cilacap.en_US
dc.description.abstractThis study aims to identify the potential vulnerability on the railway track a result of natural disasters. The research takes the focus on the identification of multi-hazard disaster on the railway track Yogyakarta-Cilacap. The analysis of multi-hazard disaster produces multi-hazard mapping using ArcGIS software. Assessment of multi-hazard disaster is based on scoring and weighting event of the observed variables influence is natural disasters. Multi-hazard disaster consists of three (3) level vulnerability, low level of vulnerability, medium level of vulnerability and high level of vulnerability. The potential multi-hazard disaster is retrieved from a data source such as the landform, map of disaster prone areas, rivers data, contour data, and geological data. The results show that there was some threat of natural disasters that potentially occur on the railway track Yogyakarta-Cilacap i.e. flood, earthquakes, volcanoes and land subsidence. Based on the mapping of multi-hazard disaster, railway track Yogyakarta-Cilacap has 26% of high level of vulnerability, 15% of medium level of vulnerability 15% and 59% of low level of vulnerability from all observed railway track of Yogyakarta to Cilacapen_US
dc.publisherFAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectdisaster, geographic information system, natural disaster management, multi-hazard, railway track.en_US
dc.titleIDENTIFIKASI POTENSI KERAWANAN BENCANA PADA JALUR KERETA API YOGYAKARTA-CILACAP DENGAN PEMETAAN MULTI-RAWAN BENCANA MENGGUNAKAN ARCGISen_US
dc.typeThesis SKR F T 470en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record