dc.contributor.advisor | ROSYIDI, SRI ATMAJA P | |
dc.contributor.author | ULFAH, NAHRIYAH | |
dc.date.accessioned | 2018-10-23T05:58:19Z | |
dc.date.available | 2018-10-23T05:58:19Z | |
dc.date.issued | 2018-09-07 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/22500 | |
dc.description | Studi ini bertujuan untuk mengidentifikasi potensi kerawanan pada jalur
kereta api akibat bencana alam. Penelitian ini mengambil fokus pada identifikasi
multi-rawan bencana pada jalur kereta api Yogyakarta-Cilacap. Teknik analisis
multi-rawan bencana yaitu dengan pemetaan sistem informasi geografis
menggunakan software ArcGIS. Penilaian multi-rawan bencana berdasarkan
skoring dan pembobotan terhadap variabel-variabel yang berpengaruh terhadap
potensi terjadinya bencana alam. Multi-rawan bencana memiliki 3 (tiga) tingkat
kelas kerawanan yang meliputi kelas kerawanan rendah, kelas kerawanan sedang
dan kelas kerawanan tinggi. Potensi multi-rawan bencana diperoleh dari sumber
data berupa bentuk lahan, peta kawasan rawan bencana, data sungai, data kontur,
dan data geologi. Dari hasil penelitian ini ditunjukkan bahwa terdapat beberapa
ancaman bencana alam yang berpotensi terjadi pada jalur kereta api Yogyakarta-
Cilacap yaitu longsor, banjir, gempa bumi, gunung api dan amblesan. Berdasarkan
pemetaan multi-rawan bencana yang dihasilkan jalur kereta api Yogyakarta-
Cilacap memiliki tingkat kerawanan tinggi 26%, kerawanan sedang 16% dan
kerawanan rendah 59% terhadap luas peta jalur kereta api dari Yogyakarta ke
Cilacap. | en_US |
dc.description.abstract | This study aims to identify the potential vulnerability on the railway track a
result of natural disasters. The research takes the focus on the identification of
multi-hazard disaster on the railway track Yogyakarta-Cilacap. The analysis of
multi-hazard disaster produces multi-hazard mapping using ArcGIS software.
Assessment of multi-hazard disaster is based on scoring and weighting event of the
observed variables influence is natural disasters. Multi-hazard disaster consists of
three (3) level vulnerability, low level of vulnerability, medium level of vulnerability
and high level of vulnerability. The potential multi-hazard disaster is retrieved from
a data source such as the landform, map of disaster prone areas, rivers data,
contour data, and geological data. The results show that there was some threat of
natural disasters that potentially occur on the railway track Yogyakarta-Cilacap
i.e. flood, earthquakes, volcanoes and land subsidence. Based on the mapping of
multi-hazard disaster, railway track Yogyakarta-Cilacap has 26% of high level of
vulnerability, 15% of medium level of vulnerability 15% and 59% of low level of
vulnerability from all observed railway track of Yogyakarta to Cilacap | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | disaster, geographic information system, natural disaster management, multi-hazard, railway track. | en_US |
dc.title | IDENTIFIKASI POTENSI KERAWANAN BENCANA PADA JALUR KERETA API YOGYAKARTA-CILACAP DENGAN PEMETAAN MULTI-RAWAN BENCANA MENGGUNAKAN ARCGIS | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
F T
470 | en_US |