dc.contributor.author | NUR SHOFIYYAH, LINA | |
dc.date.accessioned | 2018-10-23T06:57:50Z | |
dc.date.available | 2018-10-23T06:57:50Z | |
dc.date.issued | 2018-08-11 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/22511 | |
dc.description | Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui pelaksanaan Pendidikan
Agama Islam dalam keluarga, 2) Mengetahui perilaku beragama siswa dan 3)
Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara Pendidikan Agama Islam dalam
keluarga dengan perilaku beragama siswa MTs Pon Pes Al Iman Muntilan.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan populasi siswa MTs
Pon Pes Al Iman Muntilan. Metode pengumpulan data menggunakan angket,
wawancara, dokumentasi dan observasi. Uji coba instrument dilakukan kepada 30
responden. Analisis instrument meliputi uji validitas menggunakan teknik korelasi
product moment dan uji reliabilitas menggunakan teknik Cronbach’s Alpha. Hasil
uji validitas angket menunjukkan dari 30 butir soal variabel bebas yaitu
Pendidikan Agama Islam dalam Keluarga terdapat 27 butir soal valid, dan untuk
variabel terikat yaitu perilaku beragama siswa dengan 33 butir soal terdapat 21
butir soal valid. Hasil uji reliabilitas menunjukkan nilai reliabilitas (Cronbach’s
Alpha) variabel Pendidikan Agama Islam dalam keluarga sebesar 0,934 dan
variabel perilaku beragama siswa sebesar 0,913 dan dinyatakan reliabel. Uji
Prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji linieritas. Analisis data
yang digunakan adalah analisis deskriptif dan korelasi product moment person.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pendidikan Agama Islam dalam keluarga
secara umum dalam kategori sangat baik dengan persentase sebesar 96,29%. 2)
Perilaku beragama siswa MTs Pon Pes Al Iman Muntilan secara umum dalam
kategori sangat baik dengan persentase sebesar 68,51%. 3)Terdapat hubungan
yang positif dan signifikan antara Pendidikan Agama Islam dalam Keluarga
dengan Perilaku Beragama siswa MTs Pon Pes Al Iman Muntilan terbukti dengan
nilai koefisien korelasi product moment (rxy) sebesar 0,277 dan angka sig. (2-tiled)
0,042 < 0,05. | en_US |
dc.description.abstract | This research aims to: 1) find out the implementation of Islamic
Religious Education in the family, 2) find out the students’ religious behavior, and
3) find out if there is any correlation between Islamic Religious Education in
families and students’ religious behavior at MTs Pon Pes Al Iman Muntilan.
This is a quantitative research with the students of MTs Pon Pes Al Iman
Muntilan as the population. The data were collected through questionnaire,
interview, documentation and observation. The test was given to 30 respondents.
The instruments analysis includes validity test using product moment correlation
technique and reliability test using Cronbach’s Alpha. The questionnaire validity
test shows that from 30 independent variable questions about Islamic Religious
Education in families, there were 27 valid questions, and for the dependent
variable on students’ religious behavior, there were 21 valid questions out of 33.
Reliability test shows the reliability score (Cronbach’s Alpha) for Islamic
Religious Education variable in families is 0,934, while on students’ religious
behavior variable is 0m913 and are declared reliable. The pre-required analysis
tests used in this research were normality and linearity tests. The data was then
analyzed using product moment person descriptive and correlation.
The research result shows: 1) Islamic Religious Education in families is
generally in excellent category with the proportion of 96,29%. 2) The students’
religious behavior at MTs Pon Pes Al Iman Muntilan is generally in excellent
category with the proportion of 68,51%. 3) There is a positive and significant
correlation between Islamic Religious Education in families and students’
religious behavior at MTs Pon Pes Al Iman Muntilan proven by the coefficient
value of product moment correlation (rxy) that is 0,277 and sig. value of (2-tiled)
0,042<0,05. | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS AGAMA ISLAM | en_US |
dc.subject | Islamic Religious Education, Family, Religious Behavior | en_US |
dc.title | HUBUNGAN ANTARA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KELUARGA DENGAN PERILAKU BERAGAMA SISWA MTs PON PES AL IMAN MUNTILAN | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
FAI
303 | en_US |