STRATEGI PROMOSI DINAS PARIWISATA KOTA TARAKAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN MINAT KUNJUNG WISATAWAN
Abstract
Dalam kegiatan kepariwisataan, promosi digunakan sebagai salah satu alat untuk meningkatkan minat kunjung wisatawan, baik dalam memperkenalkan potensi objek wisata maupun event – event yang akan diselenggaraka. Kota Tarakan merupakan salah satu kota terbesar di Kalimantan Utara yang memiliki potensi pariwisata yang cukup beragam. Mulai dari wisata alam, wisata sejarah, wisata budaya, wisata kuliner, wisata bahari maupun wisata buatan. Banyaknya objek wisata yang beragam dan kental akan budaya yang dimiliki oleh kota Tarakan, menjadikan pulau kecil ini cukup diminati oleh para wisatawan, baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara.
Tujuan dalam penelitian adalah untuk mengetahui serta mendeskripsikan strategi promosi yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Kota Tarakan dalam upaya meningkatkan minat kunjung wisatawan. Penelitian ini menggunakan motode deskriptif kualitatif dengan menganalisa strategi promosi Dinas Pariwisata Kota Tarakan dalam upaya meningkatkan minat kunjung wisatawan. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Informan pada penelitian ini adalah Kepala Seksi Promosi dan Analisis Pasar Dinas Pariwisata Kota Tarakan, Bagian Pengelola Data dan Informasi Promosi Dinas Pariwisata Kota Tarakan dan Pemandu Wisata Dinas Pariwisata Kota Tarakan.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi promosi yang dilakukan Dinas Pariwisata Kota Tarakan perlu melakukan analisis pasar guna menentukan target wisatawan sesuai dan menggunakan alat promosi seperti periklanan, sosial media, dan publisitas dalam memperkenalkan objek wisata Kota tarakan untuk menjangkau target wisatawan. Kegiatan promosi melalui personal selling dan sales promotion dilakukan dalam upaya untuk meningkatkan minat kunjungan wisatawan ke Kota tarakan.