dc.contributor.advisor | ROSYIDI, SRI ATMAJA P | |
dc.contributor.advisor | SETIAWAN, DIAN | |
dc.contributor.author | NIKHMATUSHOLIHAH, NIKHMATUSHOLIHAH | |
dc.date.accessioned | 2018-10-24T02:19:03Z | |
dc.date.available | 2018-10-24T02:19:03Z | |
dc.date.issued | 2018-09-05 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/22530 | |
dc.description | Sebagai salah satu elemen struktur pada jalan rel, lapisan balas mempunyai peranan
penting dalam menyalurkan dan mendistribusikan beban. Kerusakan pada lapisan
balas akibat beban roda dinamis yang besar tidak dapat dihindari dan mengarah ke
tingkat pemeliharaan yang tinggi. Maka dari itu, struktur balas konvensional yang
digunakan masih perlu adanya pembaruan dengan metode stabilisasi lapisan balas.
Penelitian ini memanfaatkan limbah karet ban bekas untuk campuran balas dengan
harapan dapat meningkatkan umur layan struktur balas, mengurangi limbah ban
bekas, mengurangi biaya konstruksi dan pemeliharaan jalan rel serta meningkatkan
durabilitas. Dalam penelitian ini, digunakan metode pengujian tekan dengan alat uji
tekan (UTM), dengan sampel benda uji yaitu balas tanpa modifikasi, balas dengan
penambahan 10% karet dengan gradasi seragam dan balas dengan penambahan
10% karet dengan gradasi menerus. Tujuan yang ingin dicapai adalah mengukur
nilai modulus elastisitas dan durabilitas modifikasi campuran balas dan karet Nilai
modulus elastisitas yang didapatkan untuk balas pada pengujian pertama sebesar
10,1 MPa dan pada pengujian kedua 5,38 MPa, balas dengan karet seragam pada
pengujian pertama sebesar 5,74 MPa dan pada pengujian kedua sebesar 3,68 MPa,
dan balas dengan karet menerus pada pengujian pertama sebesar 2,70 MPa dan
pada pengujian kedua sebesar 1,62 MPa. Nilai abrasi yang didapatkan untuk balas
sebesar 162,1gr atau 3,24%, balas dengan karet seragam sebesar 54,2gr atau 1,08%,
balas dengan karet menerus sebesar 50,1gr atau 1%, maka nilai abradi yang paling
besar ada pada campuran balas dengan karet gradasi menerus. Modifikasi balas
dengan penambahan karet dapat mengurangi nilai modulus elastisitas namun dapat
meningkatkan ketahanan terhadap kerusakan agregat. | en_US |
dc.description.abstract | The deterioration of ballast structure due to large dynamic wheel loads is inevitable
and lead to the high cost maintenance. Conventional railway structures needs to be
renewed to increase its ability in distributing the load. This research used the scrap
rubber in the ballast mixture in order to increase the service life and durability of
ballast layer, to optimize the utilization of tires waste, and to decrease the
construction and maintenance cost of the railway track structures. The compression
test by Universal Testing Machine (UTM) was used in this research. The purpose
of this research is to analyze the elastic modulus and durability of the ballast mixture
modification. The results showed that the elastic modulus of sample 1 (ballast) was
10,10 MPa and 5,38 MPa with the abrasion was 162,1gr or 3,24%. Moreover, the
elastic modulus of sample 2 (ballast with 10% of uniformly sized scrap rubber) was
5,74 MPa and 3,68 MPa with the abrasion was 54,2gr or 1,08%. While the elastic
modulus of sample 3 (ballast with 10% of continuously graded scrap rubber) was
2,70 MPa and 1,62 MPa with the abrasion was 50,1gr or 1%. Modification of the
ballast layer using the scrap rubber could decrease the elastic modulus. However,
the scrap rubber utilization would increase the resilience of ballast materials. | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | abration, railways structure, scrap rubber tires | en_US |
dc.title | PENGARUH GRADASI KARET BAN BEKAS TERHADAP NILAI MODULUS ELASTISITAS PADA MODIFIKASI CAMPURAN BALAS | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
F T
401 | en_US |